Jumat 20 Apr 2018 14:01 WIB

Amien Rais Ceritakan Nazar Jalan Kaki 65 Km untuk Sarahza

"Kabar yang mengatakan saya berjalan kaki karena seseorang menang, itu kabar hoaks."

Rep: Farah Noersativa/ Red: Agus Yulianto
Penulis Hanum Rais memaparkan pendapat saat peluncuran dan bedah novel I Am Sarahza pada acara Islamic Book Fair 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/4).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penulis Hanum Rais memaparkan pendapat saat peluncuran dan bedah novel I Am Sarahza pada acara Islamic Book Fair 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peluncuran sekaligus bedah buku I Am Sarahza oleh penulis Hanum Salsabiela Rais pada event Islamic Book Fair (IBF) ke-17 tahun turut dihadiri politisi Amien Rais yang juga merupakan ayah Hanum. Di panggung, Amien menceritakan pengalamannya bernazar berjalan kaki sejauh 65 km ketika keluarga besar Rais dianugerahi Sarahza, anak Hanum.

 

"Saya bernazar untuk melakukan jalan kaki sepanjang 65 kilometer ketika benar anak saya Hanum diberikan keturunan, Sahraza ini," kata Amien saat di panggung utama IBF menunjuk Sarahza, Jumat (20/4). Sarahza merupakan anak perempuan semata wayang Hanum yang dinantikan oleh Hanum dan suaminya setelah menikah selama 11 tahun lamanya. 

 

Amien menceritakan, pada awalnya, dia akan melakukan nazar tersebut dengan berjalan kaki dari Kota Yogyakarta sampai dengan Kota Solo yang ia katakan berjarak sepanjang 65 km. Namun, karena imbauan dari keluarga untuk tak melakukannya di rute itu dengan alasan bahaya, ia mengubah rute jalan kakinya.

 

"Dikatakan berbahaya, nanti diserempet truk kan malah jadi berita besar. Mending di tempat lain saja. Nah, akhirnya saya tetap membayar nazar itu dengan berjalan kaki di kampus saya itu, kan ada jogging track-nya," tuturnya.

 

Dia berujar, setiap hari dia berjalan kaki sepanjang 10 km dengan berkeliling jogging track yang ia katakan berukuran sepanjang 800-an meter itu. "Setelah hari kelima, saya selesaikan, lalu saya lanjutkan dengan berjalan kaki dari Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta sampai dengan rumah saya. Itu pas 15 kilometer,"  ungkapnya.

 

Ia juga mengungkapkan alasan mengapa ia memilih bernazar untuk berjalan kaki sejauh 65 km. Sebab, kata dia, dalam setiap langkahnya berjalan dan berlari, dia selalu melafazkan kalimat Tahlil.

 

"Jadi kebayang kan, ada berapa ribu Laaillahailallah yang saya ucapkan setiap langkah. Itu merupakan wujud saya mengiyakan bahwa Allah itu satu dan tak ada yang patut disembah selain Allah," katanya menegaskan.

 

Amien sempat melontarkan canda pada saat menjelaskan hal itu. Tokoh reformasi itu mengatakan, berita yang menceritakan dirinya nazar berjalan kaki 65 km untuk kemenangan seorang tokoh politik, ia katakan hoaks.

 

"Jadi, saya bernazar untuk anak saya, ya. Kabar yang mengatakan saya berjalan kaki karena seseorang menang, itu kabar hoaks," kata dia.

 

I Am Sarahza merupakan buku keenam yang ditulis dan diluncurkan oleh penulis Hanum Salsabiela Rais. Dalam buku itu, Hanum menceritakan perjuangannya untuk mendapatkan keturunan, yang pada akhirnya hadir dan dinamakan Sarahza Reasyira.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement