Selasa 03 Apr 2018 16:15 WIB

Puisi Sukmawati, PBNU: Muslim Indonesia Seutuhnya Bersyariah

Seluruh nilai Pancasila adalah Islami. Maka menurut Helmy tak usah dipertentangkan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
Sukmawati Sukarnoputri
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sukmawati Sukarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini menyindir soal isi pesan puisi Sukmawati Sukarnoputri yang membandingkan syariat Islam, azan dan cadar dengan keindahan, konde dan kidung. Menurut Helmy tidak sepantasnya persoalan syariat Islam dipertentangkan atau dibanding-bandingkan dengan hal tersebut.

"Menjadi Indonesia seutuhnya adalah bagian dari bersyariah. Seluruh nilai Pancasila adalah Islami. Maka tak usahlah dipertentangkan," katanya kepada wartawan, Selasa (3/4).

Menurut Helmy, sebagai seorang muslim seharusnya lebih baik memahami syariat Islam. Karena banyak muslim yang justru tidak paham makna syariah itu. Hal ini bukan hanya ditujukan bagi kelompok liberal dan sekuler yang sering disitilahkan 'kiri' saja.

Kelompok ekstrimpun, yang identik dengan istilah kelompok 'kanan' seringkali tidak paham dengan makna syariah ini. "Jadi baik mereka yang ada di sebelah 'kiri' maupun yang di sebelah 'kanan'. Pancasila yang indah, janganlah dinodai," tegas mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement