Senin 02 Apr 2018 17:50 WIB

2018, Pemkot Bogor Fokus Bangun Jalur Transportasi

Untuk rencana jangka pendek Kota Bogor masih berfokus dalam pembangunan Tol BORR.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Foto udara pembangunan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB di Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/2).
Foto: ANTARAFOTO
Foto udara pembangunan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB di Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor pada 2018 ini berfokus untuk membangunan infrastruktur jalan. Hal ini dilakukan karena pemerintah memiliki target pada 2019, yakni pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) dan jalan Regional Ring Road (R3) selesai dikerjakan.

"Investasi jalan di Kota Bogor tahun ini itu termasuk investasi yang besar. Tahun ini ya pengembangan R2 dan R3, terlebih R3 kemarin sempat bermasalah," ujar Kabid Perencanaan Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Sonny Rijadi, di kantor Bappeda, Senin (2/4).

Sonny menyebut pembangunan jalan R2 di Kota Bogor berada di Sentul dan baru sebagian yang jadi. Tahun ini, pemerintah berfokus menyelesaikan ruas tersebut dan R3 yang sempat bermasalah di wilayah Katulampa.

Untuk jalan R2, akan dilakukan desain ulang dan pembebasan lahan. Sementara untuk waktunya masih belum ditentukan.

Sementara itu, di wilayah internal pemerintahan, sedang dibicarakan ruas R4 atau yang dikenal dengan Bogor Inner Ring Road. R4 ini rencananya memotong R3 di Katulampa menuju Tajur dan masuk ke daerah Bogor Nirwana Residence.

"R4 ini belum sampai pembahasan pembebasan lahan, baru pembicaraan umum saja. Semua rencana jalan ini dilakukan untuk memecah transportasi di dalam Kota Bogor. Diharapkan pengemudi yang tujuannya tidak ke pusat kota bisa langsung ke tujuan tanpa membebani Kota," lanjutnya.

Konsep infrastruktur jalan ini sendiri disebut Sonny sudah dibuat sejak 1999. Namun, baru bisa direalisasikan bertahap saat ini dan mengalami beberapa perubahan. Perubahan sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Untuk rencana jangka pendek Kota Bogor disebut masih berfokus dalam pembangunan Tol BORR. Tinggal satu langkah lagi maka tol ini sudah selesai dan bisa dilewati menuju Bogor.

Proyek pengerjaan Tol BORR dan R3 sendiri ditargetkan selesai Desember 2019. Untuk pengerjaan R3 bulan Mei ini dilakukan pelepasan lahan, sementara bulan Juli mulai pengerjaan fisiknya.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat juga membahas mengenai pengerjaan Tol BORR Seksi III. "Tol BORR Seksi III akan dilakukan. Dapat informasi mulai April 2018 ini sudah sosialisasi pembebasan lahannya," ujar Ade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement