Jumat 30 Mar 2018 19:21 WIB

Libur Panjang, BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan

Selain hujan lebat, masyarakat diimbau juga waspadai petir

Rep: Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi Hujan Petir
Foto: pixabay
Ilustrasi Hujan Petir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur mulai Jumat (30/3) hingga Ahad (1/4) besok membuatBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala Bagian Humas BMKG Indonesia Hary Djatmiko mengatakan, hujan lebat disertai kilat dan angin berpotensi secara bergantian terjadi di beberapa wilayah Indonesiamulai dari Aceh, Sumatra Utara, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Maluku, hingga Papua.

"Masyarakat tidak apa-apa kalau liburan namun harus melihat kondisi dan cuaca," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (30/3).

Ini karena di masa transisi, dia melanjutkan, terkadang potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi antara menjelang sore dan malam hari. Maka masyarakat diminta waspada akan terjadinya hujan atau petir dan angin.

"Sebaiknya berteduh (kalau hujan) tetapi tidak boleh di bangunan permanen atau di bawah pohon. Berlindung di bangunan yang kuat dan kokoh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement