Jumat 30 Mar 2018 16:11 WIB

Tol Cipularang Ramai Dipadati Kendaraan

Sebanyak 96 petugas disebar di titik rawan kecelakaan.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota Sat Lantas Polres Purwakarta, melakukan pengamanan selama libur panjang akhir pekan ini di sepanjang ruas Tol Cipularang, Jumat (30/3).
Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Anggota Sat Lantas Polres Purwakarta, melakukan pengamanan selama libur panjang akhir pekan ini di sepanjang ruas Tol Cipularang, Jumat (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Jajaran satuan lalu lintas (Sat Lantas) Polres Purwakarta, mencatat ruas Tol Cipularang dipadati kendaraan saat libur panjang pada akhir pekan ini.

 

Volume kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan dari Jakarta menuju Bandung, jauh lebih tinggi ketimbang yang mengarah ke Cirebon melalui Tol Cipali.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro, mengatakan, pada hari pertama libur panjang tepatnya libur hari Paskah ini, ruas Tol Purbaleunyi masih jadi primadona pilihan pengendara dari Jakarta. Dari Jumat pagi sampai menjelang sore, kendaraan yang mengarah ke Bandung sangat ramai. Diprediksi setiap menitnya ada 50 kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan ini.

"Di banding ruas Tol Cipali, Tol Cipularang jauh lebih ramai," ujar Rizky, kepada Republika.co.id, Jumat (30/3).

Karena itu, lanjut Rizky, pihaknya melakukan pengamanan pada libur panjang ini. Sebanyak 96 anggota disebar di titik-titik rawan kecelakaan dan kemacetan. Anggota yang mengatur tersebut, tak hanya di ruas Tol Cipali dan Cipulang, melainkan tersebar di ruas jalan arteri dan tempat wisata.

Khusus di ruas tol, lanjut Rizky, selain petugas yang patroli, ada juga anggota yang siaga. Seperti di sejumlah tempat peristirahatan. Sedangkan di ruas jalur arteri, anggota siaga di setiap pos lalu lintas dan jalur perlintasan menuju objek wisata.

Menurut Rizky, pengamanan libur panjang ini terhitung mulai Kamis malam sampai Ahad dini hari. Jadi, pengamanan akan berakhir pada Ahad (1/4) mendatang. Karena itu, masyarakat yang hendak liburan tak perlu khawatir. Sebab, selama libur panjang ini jajaran kepolisian akan terus melakukan pengamanan di sepanjang ruas jalan.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengendara untuk lebih berhati-hati lagi. Terutama di wilayah-wilayah yang rawan kecelakaan dan kriminalitas. Di Kabupaten Purwakarta, ada enam titik wilayah yang rawan kecelakaan.

 

Baca juga, Libur Panjang, Jokowi Mudik Sambil Makan Soto.

 

Seperti, ruas Tol Cipali, ruas Tol Cipularang, jalur arteri Sadang-Subang via Cibatu. Lalu, tanjakan Pasir Embe, Kecamatan Sukatani. Kemudian, jalur Purwakarta-Wanasaya via Pasawahan. Serta, jalur arteri Bungursari. Dengan begitu, ia meminta supaya pengendara bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas.

"Jika mengantuk, sebaiknya beristirahat di tempat yang aman dan nyaman. Kalau melintasi jalan bebas hambatan, jika mengantuk sebaiknya beriatirahat dulu di rest area," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement