Senin 19 Mar 2018 17:08 WIB

BMKG Prakirakan Jabar Masih akan Dilanda Hujan Deras

Hujan deras diprakirakan masih membasahi Jabar sampai Mei.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Indira Rezkisari
Hujan lebat (ilustrasi)
Foto: AP/Rodrigo Abd
Hujan lebat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memperkirakan hingga bulan Mei mendatang. Hujan deras di sejumlah wilayah di Jawa Barat masih akan berlangsung. Meski beberapa hari terakhir, cuaca panas dan terik sering terasa saat pagi menjelang siang hari.

Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, mengatakan saat ini Jawa Barat masih berada pada musim hujan. Kondisi yang berlangsung yaitu cuaca berawan di pagi hari dan hujan ringan berpotensi terjadi di siang hari. Sementara pada sore dan malam cuaca akan kembali pada berawan.

"Cuaca panas terik akhir-akhir ini karena posisi matahari sedang melintasi daerah khatulistiwa atau equinox. Equinox terjadi dua kali dalam setahun, setiap bulan Maret dan September," ujarnya, Senin (19/3).

Ia menjelaskan, secara umum kondisi cuaca di Jawa Barat dan Indonesia dipengaruhi siklus tropis Markus di Barat daya Darwin Australia. Beberapa daerah khususnya di perairan wilayah Timur Indonesia terjadi gelombang tinggi antara 2,5 hingga 4 meter.

 

Katanya, diperkirakan, kondisi tersebut masih akan terjadi hingga Selasa, (20/3). Selain itu, siklon tersebut masih akan bergerak ke arah barat dan mengalami belokan angin di wilayah utara bagian Jawa Barat.

"Hujan diperkirakan masih berlangsung hingga 1,5 bulan ke depan. Masyarakat diingatkan agar lebih menjaga kesehatan dan lingkungan sekitarnya supaya tidak menimbulkan kerugian seperti sakit atau banjir," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement