Kamis 12 Oct 2017 10:59 WIB

BMKG: Waspada Potensi Hujan Hingga Malam di Sebagian Jabar

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Gita Amanda
Seorang petuga BMKG melakukan pemantauan (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Seorang petuga BMKG melakukan pemantauan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat memprediksi potensi hujan di sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (12/11). Potensi hujan ini terjadi dari pagi hingga malam hari.

Prakirawan BMKG Jawa Barat Asri Pratiwi mengatakan pada pagi hari berpotensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Jawa Barat. Potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Sumedang dan Majalengka.

"Antara siang dan sore hari secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah Jawa Barat, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Cianjur, Garut," kata Asri.

Begitupun pada malam hari dikatakannya untuk mewaspadai potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Jawa Barat. Potensi hujan sedang hingga lebat masih terjadi di wilayah Bandung, Cianjur, Garut. Sementara pada dini hari diprediksi berawan.

 

"Untuk peringatan dini, saspada akan potensi terjadinya hujan disertai angin kencang dan petir di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Cianjur dan Garut pada rentang waktu antara siang hingga hingga menjelang malam hari," ujarnya.

Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian utara berkisar 24-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 50-90 persen. Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan berkisar 19-32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-95 persen.

Sementara prediksi cuaca di sekitar Bandung Raya, pada Jumat (13/10), esok juga diprediksi berpotensi hujan ringan hingga sedang. Adanya perlambatan massa udara dengan kelembaban tinggi pada atmosfer atas wilayah Jawa Barat bagian barat serta aktifnya osilasi gugusan awan tropis mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di Jawa Barat khususnya daerah Bandung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement