Jumat 16 Mar 2018 18:00 WIB

Hapal Tiga Juz, Siswa SD Tasik Langsung Masuk SMP Negeri

Pemerintah daerah Tasikmalaya akan memberikan kuota lima persen.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Anak membaca Alquran (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Anak membaca Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya memberi keistimewaan bagi penghafal Alquran atau hafidz. Bagi hafidz lulusan SD bisa memilih sekolah di SMP Negeri tanpa mengikuti rangkaian tes.

Kepala Disdik Achdiat Siswandi mengatakan, akan memberikan kelonggaran syarat bagi para pelajar Muslim untuk daftar ke SMP negeri tanpa harus lolos tes. Syaratnya, calon siswa tersebut harus hafal minimal tiga juz.

"Untuk program tersebut disiapkan kuota sekitar lima persen. Jadi, kalau satu sekolah menerima 300 peserta didik baru, artinya ada 15 calon murid yang berhak masuk tanpa tes. Nah itu bagi yang hafal Alquran, katanya pada wartawan.

Ia menyatakan, baru bisa memberi kuota lima persen untuk setiap sekolah dalam program tersebut. Selain syarat hafal Alquran, ada syarat lain yang harus dipenuhi yaitu melampirkan keterangan dari MUI dan LPTQ.

"Setiap tahun kuotanya meningkat lima persen, sehingga nanti semua anak pintar menghafal Alquran.Ke depan, setiap tahun ditargetkan kuota masuk SMP melalui tahfidz bisa bertambah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement