Kamis 15 Mar 2018 07:50 WIB

Pangandaran Targetkan Kunjungan Lima Juta Wisatawan

Rata-rata wisatawan masih didominasi oleh wisatawan lokal.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Winda Destiana Putri
Sejumlah wisatawan berjalan dengan membawa papan surfing di Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (17/8). (Mahmud Muhyidin)
Foto: Mahmud Muhyidin
Sejumlah wisatawan berjalan dengan membawa papan surfing di Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (17/8). (Mahmud Muhyidin)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus menata kawasan wisata agar semakin menarik wisatawan. Untuk tahun ini, target kunjungan wisatawan mencapai lima juta orang.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan target tersebut meningkat hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Rata-rata wisatawan masih didominasi oleh wisatawan lokal. Hanya sedikit saja porsi kunjungan wisatawan mancanegara.

"Tiga juta tahun lalu, kalau tahun ini lima juta. 99 persen wisatawan domestik," katanya pada wartawan, Rabu (14/3).

Dalam upaya realisasi target tersebut, Pemkab Pangandaran terus berbenah. Salah satunya penataan pedagang di kawasan pantai. Lewat penataan itu, kini bibir pantai telah bersih dari pedagang.

"Penataan kawasan terus, pantai sudah bersih kita jaga terus," ujarnya.

Selain itu, Pemkab mulai memperbanyak jumlah rambu dan penerangan jalan. Khusus tahun ini pula, Pemkab tengah fokus mengembangkan wahana baru agar wisatawan terus berdatangan.

"Ada pasang lampu supaya tidak gelap. Tahun ini insya allah selesai Oktober itu Pangandaran Aquarium, jadi salah satu fasilitas baru," ucapnya.

Ia menekankan pula supaya wisatawan tidak perlu takut dengan pungutan liar (pungli) di kawasan wisata Pangandaran. Ia berkomitmen menindak pelaku pungli agar tidak meresahkan wisatawan.

"Silahkan lapor kalau ada pungli itu enggak boleh," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement