Ahad 11 Mar 2018 00:06 WIB

Anies Janji Penataan Sudirman-Thamrin Ramah Difabel

Pemprov DKI belum memberikan fasilitas yang memungkinkan difabel leluasa menjelajah.

Anies Baswedan
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji dalam penataan kawasan Jalan Sudirman-Thamrin akan ramah untuk penyandang disabilitas. "Memang dalam perencanaan sudah ada untuk difabel, tetapi akan minta masukan kepada mereka yang merasakannya," kata Anies dalam perayaan HUT Jakarta barrier Free Tourism (JBFT) ke-VI di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (10/3). 

Anies mengatakan berkomitmen memenuhi janjinya tersebut. Apalagi, dia mengatakan, sampai saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum memberikan fasilitas yang memungkinkan bagi penyandang disabilitas untuk bisa leluasa menjelajahi kota Jakarta.

"Kendaraan umum kita, trotoar kita, jalan-jalan umum kita. Bagi yang menggunakan kursi roda trotoar kita sulit sekali dilewati kursi roda," kata Anies.

Dia mencontohkan desain-desain trotoar dengan batu kelihatan nampak indah, tetapi hal itu sangat berat ketika dilalui oleh penyandang disabilitas. "Banyak trotoar tanpa ram, ketinggian trotoar juga sangat jauh. Ini nampaknya kecil - kecil, tapi dibutuhkan untuk penyandang disabilitas," kata Anies.

Dalam penataannya, Pemprov akan menata trotoar jalannya, termasuk gedung yang pagar membangun di atas tanah Pempro DKI. "Pada penataan Sudirman - Thamrin akan ditata termasuk lebar trotoarnya dan gedung-gedung yang pagarnya tidak dibangun di tanah mereka, tetapi juga Pemprov," kata Gubernur. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement