Ahad 04 Mar 2018 19:35 WIB

Prabowo di Antara Tiga Pilihan

Apa jawaban Prabowo atas ketiga pilihan ini baru akan terjawab lima bulan ke depan.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyapa Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kiri) saat melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (1/3).
Foto:

Pilihan ketiga, Prabowo tidak maju pada Pilpres 2019 dan berperan sebagai king maker. Prabowo melahirkan capres kuat sebagai penantang Jokowi seperti yang dia lakukan pada Pilgub DKI dengan mengusung Anies Baswedan.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya berpendapat, Prabowo memang masih menjadi penantang terberat Jokowi. Kendati demikian, Prabowo seharusnya mulai berpikir untuk menjadi orang yang melahirkan penantang Jokowi pada Pilpres 2019.  

Yunarto mengatakan Prabowo harus mulai memikirkan rencana lain untuk bisa berpeluang mengalahkan Jokowi. Misalnya, Prabowo bisa memunculkan sosok seperti Anies Baswedan atau Gatot Nurmantyo pada Pilpres 2019. Baik Anies dan Gatot sudah dikenal masyarakat dan lebih segar sehingga ada peluang untuk mengalahkan Jokowi.

Apalagi, elektabilitas Jokowi yang berada di atas akan membuat peluang Prabowo untuk menang dalam Pilpres 2019 akan semakin berat. Saat ini Jokowi telah resmi diusung oleh PDIP sebagai calon presiden 2019-2024 dalam Rakernas III PDIP di Sanur, Bali, Jumat (23/2).

Pilihan mana yang akan dipilih Prabowo, baru akan terjawab dalam lima bulan ke depan. Dinamika politik akan terus bergulir dan segala sesuatu bisa saja terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement