Selasa 27 Feb 2018 23:12 WIB

Jumlah Gang Hijau di Jakarta Diharapkan Terus Bertambah

Gang Hijau adalah salah satu lokasi sasaran ruang pertanian perkotaan DKI Jakarta.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Hazliansyah
Pertemuan Pengelola Gang Hijau DKI Jakarta bersama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP), Selasa (27/2).
Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Pertemuan Pengelola Gang Hijau DKI Jakarta bersama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP), Selasa (27/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap jumlah Gang Hijau terus bertambah. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta, Diah Meidianti saat melakukan pertemuan dengan warga pengelola Gang Hijau dari lima wilayah di DKI Jakarta. Ia berharap warga Gang Hijau juga terus semangat dalam menjaga lingkungan.

"Dengan adanya pertemuan ini, warga Gang Hijau di DKI Jakarta saling kenal satu sama lainnya dan bertambah semangat dalam melaksanakan penghijauan di lingkungannya. Semoga makin bertambah lagi Gang Hijau di DKI Jakarta," kata Diah, dalam acara tersebut di Dinas KPKP DKI Jakarta, Selasa (27/2).

Gang Hijau adalah salah satu lokasi sasaran ruang pertanian perkotaan DKI Jakarta. Sasaran ruang lainnya adalah Rumah Susun (RUSUN), Sekolah, RPTRA dan Lahan Tidur. Saat ini, sejumlah tempat tersebut sudah ditanami tanaman hidroponik.

Menanam dengan cara hidroponik merupakan metode yang tepat di Jakarta. Hal ini karena Ibu Kota tidak memiliki ruang yang luas untuk bercocok tanam. Dengan metode hidroponik, masyarakat dapat menanam di gang kecil atau tempat lainnya.

Dinas KPKP akan memberi bantuan berupa pipa paralon yang telah disusun untuk nantinya ditanami tanaman. Kelompok masyarakat yang ingin bergabung hanya tinggal meminta melalui Suku Dinas wilayah masing-masing. Tahun 2017 lalu sebanyak 44 rak hidroponik didistribusikan kepada warga yang meminta.

Ke depannya, Diah berharap masyarakat yang peduli lingkungan dapat bertambah. Kegiatan pertemuan ini pun diharapkan dapat memberi masukan pada Pemerintah.

"Harapannya masyarakat dapat membantu Pemerintah DKI Jakarta dengan memberikan masukan, ide, pemikiran yang sifatnya membangun agar Pelaksanaan Pertanian Perkotaan di Jakarta dapat terwujud," tambah Diah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement