Jumat 23 Feb 2018 13:39 WIB

Menkes Komentari Soal Orang Gila Penyerang Ulama

Menkes mengatakan halusinasi membuat orang berupaya untuk menyerang

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Menkes Nila F Moeloek
Foto: Republika/Prayogi
Menkes Nila F Moeloek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek melakukan pertemuan dengan Perhimpunan Psikologi. Pertemuan ini untuk membicarakan mengenai fenomena maraknya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menyerang ulama akhir-akhir ini.

Nila mengaku, sebelum mengunjungi Asmat, Papua, Kamis (22/2) kemarin, ia sempat singgah ke Pulau Dewata Bali untuk berbicara dengan perhimpunan psikologi mengenai fenomena kasus ini. Menurutnya penyebab gila berkaitan dengan jumlah penduduk, gaya hidup, saingan begitu berat, hingga kemacetan di jalan.

"Itu membuat orang cemas depresi. Kalau sakit jiwa (ternyata) ada halusinasi selalu ada di kuping, misalnya orang itu jahat jadi dia akan berupaya menyerang," katanya saat ditemui wartawan di sela-sela peresmian radio kesehatan Kemenkes, di Jakarta Selatan, Jumat (23/2).

Jadi, kata dia, orang dengan gangguan jiwa harus diobati. Ia meminta parapsikolog bekerja dengan baik. "Psikolosi ini bisa juga bergabung dengan kami karena ada psikologi klinis," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement