Rabu 21 Feb 2018 06:23 WIB

Hari Ini Habib Rizieq Pulang?

Habib Rieziq berada di Arab Saudi sejak April 2017 sejak menjalankan ibadah umrah.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Budi Raharjo
Habib Rizieq Shihab
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Habib Rizieq Shihab

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Habib Riziez Shihab kembali ke Tanah Air. Kabar itu dibenarkan Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif, Selasa (20/2) malam ketika dihubungi Republika.co.id. Kabar kedatangan Habib Rizieq sebelumnya telah beredar dalam beberapa hari terakhir.

Habib Rizieq bertolak dari Arab Saudi sekitar pukul 23.00 WIB dan diperkirakan akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, pagi ini. "Sejauh ini tidak ada rencana pembatalan," kata dia.

Untuk menyambut kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu, sejumlah massa telah bersiap menyambutnya. Bahkan sejak malam tadi, massa telah berkumpul dan terkonsentrasi di Masjid Baitul Amal, Cengkareng, Jakarta Barat. Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq dengan menggelar doa bersama, istighosah, dan tausiah. "Kita kan niatnya malam ini doa, istighosah, dan tausiah-tausiah saja," ujar dia.

Rencananya setelah menginjakkan kakinya di Tanah Air, Habib Rizieq akan mendatangi para penyambutnya yang berkumpul di Masid Baitul Amal. Di sana, ia akan memberikan tausiah sebelum beramai-ramai kembali ke Markas FPI di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bahkan, Slamet mengungkapkan, logistik menjelang kedatangan Habib Rizieq telah dipersiapkan. Makanan telah dipersiapkan untuk malam tadi hingga siang nanti. "Logistik sudah dipersiapkan sampai dengan makan siang besok (hari ini). Semuanya sudah diatur," jelas Slamet.

Habib Rizieq berada di Arab Saudi sejak April tahun lalu. Bersama keluarganya, Imam Besar FPI itu melakukan umrah atas undangan Raja Saudi. Namun selepas umrah, ia memutuskan untuk tetap tinggal di Makkah.

Mengantisipasi kedatangan Habib Rizieq, Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) dikabarkan telah menyiapkan skenario pengamanan. Sekitar 2.000 personel Polri dipersiapkan untuk mengamankan massa penyambut. Dalam surat telegram yang beredar dan didapat Republika, aparat kepolisian sebanyak 2.035 personil akan di sebar di sejumlah titik, khususnya di Bandara Soekarno Hatta.

Beberapa titik yang disebut akan diamankan dalam surat telegram itu adalah pintu gerbang Bandara Soetta, Terminal 1 sampai 3 Bandara Soetta, Terminal Cargo Bandara Soetta, Stasiun KA Bandara Soetta, Gapura Bandara Soetta, dan seluruh area dalam Bandara Soetta. Masing-masing personel yang diterjunkan mencapai 100 personel kepolisian.

Selain itu, sebut dalam surat telegram itu, pengamanan juga akan dilakukan di pintu terluar Bandara Soetta dan areal sekitaran Bandara Soetta. Polri juga memerintahkan serangkaian perintah untuk pengamanan seperti prosedur dalam pengamanan dan juga pelaporan bila terjadi kejadian menonjol.

Bila sesuai jadwal, pesawat Saudi Airline yang ditumpangi Habib Rizieq, akan tiba di Bandara Cengkareng sekitar pukul 09.00 WIB. Hingga pagi ini belum ada lagi kabar dari Slamet mengenai perkembangan kebenaran kembalinya Habib Rizieq. Mari kita tunggu kebenarannya apakah Habib Rizieq akan menginjakkan kakinya kembali ke Tanah Air, pagi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement