Jumat 09 Feb 2018 13:48 WIB

Tahun Politik, Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Pers

Ridwan Kamil ingin pers tidak berpihak dalam memberitakan pilkada

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2018 yang jatuh pada Jumat (9/2) ini. Bertepatan dengan tahun politik, Ridwan menyampaikan pesan kepada insan pers agar menjaga kenetralan dalam pemberitaannya.

Menurutnya, media massa harus menjaga kredibilitasnya dengan tidak berpihak pada satu pihak. Terutama menjelang Pilkada serentak dan Pemilu 2019 mendatang. Di tahun politik juga masyarakat butuh informasi yang proporsional.

"Kayak warna politik keberpihakan, saya kira itu kurang baik. Masyarakat ingin melihat apa adanya di masa pilkada ini juga masyarakat ingin melihat berita-berita yang mungkin tidak terlalu berwarna, lebih pada kenetralan dalam memberikan," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Pendopo Kota Bandung, Jumat (9/2).

Emil mengharapkan insan pers tetap mengedepankan transparansi dan keakuratan dalam menyampaikan informasi. Sehingga menjadi sumber terpercaya bagi publik.

Selain itu, pers disebutnya memiliki tiga peran utama yang harus dijalankan secara seimbang yakni menyampaikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Kemudian menyampaikan edukasi juga setinggi-tingginya.

"Dan menyampaikan hiburan melalui media yang sebaik-baiknya. Tiga itu harus seimbang. Saya doakan juga kesejahteraan media meningkat. Saya doakan agar media yg makin digital ini juga dimiliki oleh pers," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement