Rabu 07 Feb 2018 17:44 WIB

Sandiaga akan Bangun Rumah Tapak DP Nol Rupiah

Rumah tapak rencananya akan dibangun di Rorotan, Jakarta Utara.

Rep: Sri Handayani/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan rumah pemotongan hewan (RPH) di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2).
Foto: Republika/Sri Handayani
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan rumah pemotongan hewan (RPH) di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, rencana pembangunan rumah Down Payment (DP) nol rupiah di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Unit ini akan dibangun dengan konsep rumah tapak.

"Yang tadi pagi itu konsepnya adalah rumah tapak. Di daerah Rorotan (Jakarta Utara). Karena itu, sudah ada lahannya jadi mudah-mudahan tidak memicu inflasi harga tanah di sana," kata Sandiaga di Gedung Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta Selatan, Rabu (7/2).

Sebagai informasi, pagi tadi Sandiaga diagendakan bertemu dengan perwakilan PT Nusa Kirana. Keduanya membicarakan tentang pembangunan Rumah DP Nol Rupiah.

Menurut Sandiaga, para pengusaha ingin segera meluncurkan Rumah DP Nol tersebut sembari menunggu kesiapan badan layanan urusan daerah (BLUD).

 

Skema yang digunakan akan mirip dengan Rumah DP Nol yang telah dibangun oleh PD Pembangunan Sarana Jaya di Pondok Kelapa. Sandiaga menyambut positif keinginan para pengusaha tersebut. Ia mengatakan, program ini akan dapat menurunkan backlog rumah di Jakarta melalui penambahan jumlah rumah dengan harga.

"Jadi kita berikan sinyal bahwa kita sangat open. Kita menggelar karpet merah bagi mereka membangun (rumah)," kata Sandiaga.

 

Baca juga, Anies Yakin DP Rumah Nol Rupiah Bisa Dijalankan.

 

Sandiaga belum dapat memastikan jumlah unit yang akan dibangun. Ia mengatakan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sedang membahas teknis pembangunan rumah tersebut.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengklaim ada pengembang tertarik membangun rumah dengan uang muka atau down payment nol rupiah di Rorotan, Jakarta Utara. Ia mengatakan, groundbreaking akan dilakukan pada Februari 2018.

Namun, politikus Partai Gerindra itu menyarankan untuk tak terburu-buru. Pemprov masih fokus untuk pembangunan rumah DP nol berbentuk rumah susun di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur yang diluncurkan Kamis (18/1) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement