Senin 05 Feb 2018 01:25 WIB

Dua Tewas Saat Longsor Timbun Rumah di Banyuwangi

Satu bocah berusia 6 tahun berhasil selamat.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bencana longsor yang dipicu hujan lebat kembali terjadi dan menimbulkan korban jiwa, di Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (4/2). Bencana ini menyebabkan dua korban jiwa.

Kepala Pusat Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi pada tengah malam saat penghuni rumah tidur.

"Tebing longsor kemudian menimpa rumah di bawahnya sehingga menyebabkan dua orang tewas dan satu orang luka berat," katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (4/2) malam.

Tanah longsor terjadi saat hujan lebat di Dusun Sambungrejo RT. 02 RW. 03, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Hujan lebat mengakibatkan tanah longsor/ tebing pondasi longsor (ambrol) mengenai rumah Sumiran (55 tahun) yang pada saat itu sedang tidur.

Masyarakat setempat yang melihat kejadian tersebut langsung melakukan evakuasi. Dua orang ditemukan meninggal dunia, yakni Sumiran dan Salamah. Sementara satu orang berhasil diselamatkan bernama Azizah (6 tahun). Azizah saat ini dirawat di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Songgon.

Selain korban jiwa dan luka, longsor juga menyebabkan satu rumah roboh/rusak berat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement