Sabtu 03 Feb 2018 10:42 WIB

Hujan Sejak Pagi, Katulampa Siaga III

kenaikan TMA ini mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB dengan ketinggian 40 centimeter.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Agung Sasongko
Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat
Foto: Foto : Kepala Jaga Bendung Katulampa
Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Wilayah Bogor dan sekitarnya diguyur hujan sejak Sabtu (3/2) pukul 04.00 dan bertahan hingga sekira pukul 09.00 WIB. Kondisi ini membuat tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katalampa mencapai 90 centimeter atau berstatus Siaga III.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman, menuturkan, kenaikan TMA ini mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB dengan ketinggian 40 centimeter. Sampai pukul 09.00 WIB, mencapai 90 centimeter, ujarnya ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Sabtu (3/2).

Andi menjelaskan, jumlah debit air 113 meter kubik per detik dan diperkirakan akan terbawa sampai Jakarta sekira delapan sampai 10 jam ke depan.Depok juga mengalami kenaikan dan terpantau ketinggian 118 centimeter dengan kondisi cuaca gerimis.

Saat ini, sekira pukul 10.00 WIB, kondisi sudah mulai normal. Andi mengatakan, TMA mencapai 70 centimeter atau berstatus Siaga IV. Tapi, masyarakat tetap diimbau waspada, terutama warga yang berada di sepadan sungai. Mengingat ada kemungkinan debit air akan terus bertambah karena Bogor akan diperkirakan hujan sepanjang hari, ujarnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatogi dan Geologi (BMKG), wilayah Jabodetabek dan sekitarnya pada Sabtu pagi hari secara umum hujan sedang hingga lebat. Di antaranya di wilayah Bogor, Depok, Bekasi Karawang, Subang utara, Indramayu Utara dan Cirebon.

Sementara itu, siang dan sore hari, berpotensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Jabodetabek dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Majalengka, Kuningan, Cirebon, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis dan Pangandaran.

Sedangkan, malam hari, masih berpotensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Jabodetabek, potensi hujan sedang hingga lebat di Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran dan Ciamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement