Jumat 02 Feb 2018 14:00 WIB

TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Siapkan 15 Event 2018

Ada empat kategori event yang telah disiapkan.

Wisatawan menikmati suasana sore di situs Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. (ilustrasi)
Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Wisatawan menikmati suasana sore di situs Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna meningkatkan kunjungan jumlah wisatawan ke Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko maka BUMN PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Pesero) yang bergerak di bidang jasa pariwisata, siap menghelat serangkaian event berkelas internasional di tahun 2018. Hal itu bertujuan bukan hanya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara, melainkan juga mancanegara.

“Meski tahun 2018 di sebut tahun politik, namun PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko tetap berusaha menghadirkan iklim yang kondusif untuk menghadirkan wisatawan baik domestic dan mancanegara khususnya ke wilayah Joglo Semar”, ujar Edi Setijono, Direktur Utama PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Pesero), dalam keterangan resmi saat menggelar acara Launching Calendar of Events PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko 2018, di Café Synergy, Kementrian BUMN, Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan sekaligus berupaya meningkatkan arus wisatawan ke wilayah Joglosemar atau atau Jogjakarta, Solo dan Semarang di tahun 2018, maka PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Pesero) telah mempersiapkan beragam event-event memikat yang terbagi dalam 4 kategori kegiatan yang diharapkan mampu menarik minat banyak wisatawan. Beragam event yang disesuaikan dengan Kegiatan yang diagendakan oleh PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Pesero) di tahun 2018 ini adalah:

Kategori Kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas Keagamaan

Seiring dengan Hari Raya Waisak 2562, di Borobudur sebagai Candi Budha terbesar di dunia akan dihelat “Borobudur Vesak Celebration” pada 29 Mei 2018. Sedangkan sehari sebelum hari Raya Nyepi yang jatuh pada 17 Maret 2018, maka pada tanggal 16 Maret 2018 di candi Prambanan yang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia akan dihelat acara “Tawur Agung”, sebuah perayaan doa yang bertujuan untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi.

Kategori Kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas Sport

Di tahun ini, di seputar candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko juga akan dihelat beragam acara yang berhubungan dengan olahraga dan berkelas internasional, yakni, Mandiri Jogja International Marathon dimana start dan finish di Candi Prambanan pada 15 April 2018. Prambanan International Yoga Day pada 24 Juni 2014. Tour de Prambanan, berupa tour sepeda yang mengasyikan sambil menikmati indahnya pemandangan pada 28 Oktober 2018. Borobudur Marathon, event internasional tahunan yang diikuti oleh pelari-pelari nusantara dan internasional akan dihelat pada 18 November 2018

Kategori Kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas Entertainment & Cultural

Borobudur Storytelling Festival pada 7-8 Juli 2018, akan menyajikan festival yang dirancang untuk melestarikan tradisi kisah tentang episode kehidupan yang diceritakan dari susunan relief di candi Borobudur dimana pesertanya akan menunjukan bakatnya diatas panggung. Prambanan Jazz, yang merupakan festival musik jazz nomer 3 terbesar di Indonesia yang akan dihelat pada 17-19 Agustus 2018 dengan menghadirkan lineup musisi Indonesia dan mancanegara yang akan beraksi di panggung yang spektakuler dengan latar belakang pura pura candi yang megah.

National Bird Contest yang akan dihelat pada 23 September 2018, akan menyajikan suara burung yang indah dan merdu di area taman di candi Prambanan. Ratu Boko Festival pada 21-23 September 2018 akan menghadirkan festival seni budaya lokal serta beragam kuliner tradisional.

Borobudur Symphony yang dihelat di bulan November akan menyajikan pertunjukan musik orchestra spektakuler yang terinspirasi pada relief-relief Borobudur dengan menghadirkan penyanyi dan musisi terbaik baik dari Indonesia maupun mancanegara. Borobudur Symphony yang baru untuk pertamakali dihelat ini juga diwacanakan akan menjadi ikon wisata baru candi Borobudur dengan menampilkan musisi musisi kelas dunia.

Borobudur  Cultural Feast 3, yang akan dihelat pada 15-16 Desember 2018 akan menyajikan pesta budaya rakyat yang dirayakan di beberapa pusat perekonomian masyarakat sekitar. Borobudur Nite, adalah acara akhir tahun yang paling ditunggu di Borobudur yang akan dimeriahkan dengan pelepasan ribuan lampion ke udara saat menyambut tahun baru yang penuh harapan.

Kategori Kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas Conference

Borobudur International Conference, yang akan diselenggarakan pada 2-3 Mei 2018 dengan menghadirkan peserta lintas agama ini akan mengangkat tema Borobudur sebagai inspirasi bagi umat manusia dan peradaban. Selain itu ada International World Heritage Conference yang akan berlangsung pada 8-9 November 2018 akan menghimpun para ahli yang peduli pada pengelolaan Borobudur dan Prambanan sebagai warisan dunia agar bisa bersanding dengan heritage internasional

“Meski bisa dibilang terlambat tapi tetap lebih baik daripada tidaksamasekali, tekad kami mengupayakan event-event yang berfokus pada orientasi market intrnasional,” tambah Edi Setijono yang didampingi Sahala P. Siahaan, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Pesero).

“Kami mendukung program Kementrian Pariwisata yang menargetkan 17 juta kunjungan Wisman/wisatawanmancanegara di tahun 2018 dimana untuk target kunjungan di Joglosemar bisa mencapai 2 juta wisman.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement