Kamis 01 Feb 2018 04:30 WIB

Mendagri Tunggu Keputusan Resmi KPK Soal Status Zumi Zola

Mendagri tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah terhadap Zumi Zola.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Gubernur Jambi Zumi Zola berjalan usai memenuhi panggilan  KPK, Jakarta, Jumat (5/1).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Gubernur Jambi Zumi Zola berjalan usai memenuhi panggilan KPK, Jakarta, Jumat (5/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menantikan keputusan resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait status hukum kepala daerah yang diduga terlibat kasus korupsi. Tjahjo mengungkapkan hal tersebut menyusul penggeledahan yang dilakukan di rumah dinas Gubernur Jambi Zumi Zola oleh KPK pada Rabu (31/1). 

"Kemendagri tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah," ujar Tjahjo kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Kamis (1/2) dini hari.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Bupati Halmahera Timur Rudi Erawan sebagai tersangka kasus suap pada proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2016. 

"Terkait berita tersangka KPK kepada kepala daerah, gubernur dan bupati, prinsipnya saya menunggu keputusan resminya dulu oleh KPK," kata Tjahjo

KPK telah menyampaikan kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus suap terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018. Ketika sudah sampai pada tahap penggeledahan maka status kasus yang ditangani sudah ditahap penyidikan. Artinya, sudah ada tersangka dalam kasus tersebut. Namun, KPK belum menyebutkan identitas tersangka baru dalam kasus tersebut. "Hasil resminya segera kami umumkan beberapa hari ke depan," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, di gedung KPK Jakarta, Rabu (31/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement