Kamis 25 Jan 2018 14:47 WIB

Parpol Lama Siap Jalani Verifikasi Pemilu 2019

Verifikasi terhadap 12 parpol calon peserta Pemilu 2019 pada akhir pekan ini.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Karyawan KPU membawa kontainer yang berisi berkas parpol usai dilakukanya penenlitian administrasi parpol peserta pemilu di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Kamis (16/11).
Foto: Republika/Prayogi
[ilustrasi] Karyawan KPU membawa kontainer yang berisi berkas parpol usai dilakukanya penenlitian administrasi parpol peserta pemilu di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Kamis (16/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah partai politik (parpol) lama yang saat ini menjadi calon peserta Pemilu 2019 menyatakan siap menjalani verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), akhir pekan ini. KPU sebelumnya telah menyatakan akan memulai pelaksanaan verifikasi terhadap kepengurusan pusat (DPP) 12 parpol lama calon peserta Pemilu mendatang.

Wakil Sekjen Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, mengatakan partainya dijadwalkan menjalani proses verifikasi tingkat DPP pada Senin (29/1). "Golkar akan menjalani verifikasi pada Senin siang, sekitar pukul 12.00 WIB di Kantor DPP Partai Golkar," ujar Ace saat dikonfirmasi Republika, Kamis (25/1).

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Sekjen PPP, Achmad Baidhowi, ketika dikonfirmasi secara terpisah. "Jadwal verifiikasi di DPP PPP pada Senin pukul 15.30 WIB," tuturnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKPI, Imam Anshori, mengatakan pihaknya juga tengah mengajukan jadwal verifikasi pada Senin."Kami meminta KPU melakukan verifikasi pada Senin. Kami sudah menyurati KPU," ujar Imam lewat pesan singkatnya, Rabu.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Republika, PKS, PKB dan PDIP juga akan menjalani verifikasi di tingkat DPP pada Senin. Hingga saat ini, hanya Partai Demokrat yang meminta jadwal verifikasi tingkat DPP dilaksanakan pada Ahad (28/1).

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap 12 parpol calon peserta Pemilu 2019 pada akhir pekan ini. KPU menjadwalkan verifikasi parpol di tingkat kepengurusan pusat (DPP) pada Ahad-Senin (28-29/1).

"Kami saat ini sudah menyusun jadwal verifikasi untuk tingkat DPP 12 parpol. Kami beri waktu kepada parpol untuk menyesuaikan jadwal pada Ahad atau Senin pekan depan," ujar Wahyu kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/1).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement