Rabu 17 Jan 2018 16:17 WIB

Pemancing yang Hilang Ditemukan Meninggal

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Teguh Firmansyah
Ombak (ilustrasi)
Foto: pixabay
Ombak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan warga yang hilang tenggelam di Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi Rabu (17/1) siang. Kondisi korban pada saat ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Sebelumnya, seorang warga hilang tenggelam terbawa ombak laut ketika akan mancing di Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin (15/1).

Data dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, warga yang hilang tersebut adalah Asep Mulyana (20 tahun) warga Kampung Pamugaran RT 04 RW 05 Desa Wangunsari Kecamatan Cisolok, Sukabumi. " Hasil operasi pencarian tim gabungan menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia,'' terang Koordinator Pos SAR Sukabumi Aulia Sholihanto kepada wartawan Rabu (17/1).

Korban kata dia ditemukan sekitar pukul 11.55 WIB dengan jarak sekitar 6 mil laut dari lokasi kejadian korban tenggelam. Tepatnya kata Aulia, berada di posisi ke arah barat lurusan Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru. Kini lanjut dia jenazah korban langsung di evakuasi ke RSUD Palabuhanratu.

Setelah di lakukan evaluasi dan  tidak ada korban jiwa yang di cari lagi maka operas SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Sebelumnya sambung dia pencarian dilakukan sejak Rabu pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Unsur yang terlibat dalam pencarian  berasal dari berbagai elemen. Di antaranya berasal dari tim Pos SAR Sukabumi, Polsek Cisolok, Balawista, BPBD Kabupaten Sukabumi, ACT Sukabumi, Satgas linmas, Desa Pasirbaru, nelayan, Koramil Cisolok, pramuka peduli, dan keluarga korban.

Peralatan yang di gunakan dalam pencarian terang Aulia antara lain truk personil, rescue car carrier, peralatan selam, dan peralatan water rescue set.

Kepala Divisi Operasional, Sumber Daya Manusia dan Latihan Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepulloh mengatakan, kecelakaan laut yang menewaskan seorang warga ini terjadi pada Senin sekitar pukul 13.00 WIB. Dia menuturkan, ada empat orang yang berhasil menyelamatkan diri dan satu orang  hilang tenggelam.

Empat orang yang selamat yakni Irman (17) warga Kampung Cipaqenang Sukabumi, Indra Jati (18) warga Cisolok RT 01 RW 02, dan Riki Nurjaman (17) warga Kampung Pamugaran dan Ringa Sundana (21) warga Pamugara, Cisolok. Sementara satu orang yang tenggelam adalah Asep Mulyana.

Para korban tenggelam ketika akan mancing di tengah laut. Mereka ke tengah laut untuk menuju perahu. Ironisnya, seorang di antaranya yakni Asep tidak bisa berenang hingga akhirnya tenggelam terbawa ombak laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement