Selasa 16 Jan 2018 08:55 WIB

Gubernur Papua Minta Terus Jaga Ketertiban dan Kenyamanan

Gubernur Papua Lukas Enembe
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Gubernur Papua Lukas Enembe

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Gubernur Papua Lukas Enembe meminta masyarakat terus menjaga ketertiban dan kenyamanan di wilayahnya masing-masing. Pasalnya hal tersebut menjadi salah satu faktor utama pendukung pelaksanaan pembangunan daerah. "Selain itu, untuk mengatasi tantangan-tantangan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan pada 2018, diperlukan usaha-usaha besar dan tindakan-tindakan serta terobosan," katanya di Jayapura, Selasa (16/1).

Menurut Lukas, diperlukan juga landasan keuletan dan kebesaran hati serta pemikiran dari semua pihak, terutama seluruh aparatur pemerintah daerah. "Tidak hanya itu juga, beberapa fokus pembangunan di 2018, yakni pencapaian komponen penting sebagai faktor determinan pembentuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," ujarnya.

Dia menjelaskan khususnya terkait dengan peningkatan angka kmelek huruf melalui program keaksaraaan fungsional, angka harapan hidup pada pertolongan kelahiran oleh tenaga kesehatan serta program seribu hari pertama kehidupan. "Pada 2018 ini upaya reformasi birokrasi tetap akan diprioritaskan pada penguatan sistem kepegawaian dan pendayagunaan aparatur, pengembangan government yang terintegrasi," katanya lagi.

Dia menuturkan mulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan barang-jasa, tunjangan kinerja, pengendalian serta peningkatan fungsi pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan eksternal maupun internal. "Seiring perbaikan kinerja Aparatur Sipil Negara, yang akan dilakukan revitalisasi tunjangan kinerja bagi ASN menjadi Tunjangan Penghasil Pegawai berbasis Sistem Informasi dan uang lauk pauk," ujarnya lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement