Selasa 09 Jan 2018 23:29 WIB

Paslon Pejawat Daftar Pilgub Lampung Besok

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.
Foto: Ist
Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur M Ridho Ficardo - Bachtiar Basri menyatakan akan mendaftarkan diri sebagai peserta pilgub di KPU Lampung, hari terakhir Rabu (10/1). Sebelumnya, paslon pejawat tersebut batal mendaftar pada hari kedua, Selasa (9/1) pukul 14.00 WIB dengan alasan masih melengkapi persyaratan administrasi.

Paslon Ridho Bachtiar sebelumnya diusung Partai Demokrat dan PPP dengan 15 kursi di DPRD Lampung. Untuk memenuhi syarat pendaftaran pilgub kekurangan minimal dua kursi jadi 17 kursi. Paslon tersebut harus berkoalisi dengan parpol lain, yang masih menyisakan PAN dan Partai Gerindra.

PAN setelah menarik dukungan dari paslon Arinal Djunaidi Chusnuniah diusung Partai Golkar dan PKB, merapat ke paslon pejawat. PAN menampilkan pasangan Ridho Helmi Hasan. Namun pada hari-hari terakhir, Ridho berpasangan dengan Bachtiar, yang mengulang kisah lama pilgub Lampung lima tahun lalu.

Sedangkan Partai Gerindra, menurut Ketua DPD Partai Gerindra Gunadi Ibrahim, masih menunggu keputusan DPP terkait koalisinya dengan paslon Ridho - Bachtiar. Ia sendiri hingga Selasa malam masih menemui Ketua DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Beredar informasi pada Selasa malam, partai besutan Prabowo tersebut merapat ke paslon pejawat.

Ridho yang kini Gubernur Lampung, menggelar doa bersama di rumah pribadinya di Perumahan Vila Citra. Keluarga besarnya meminta doa semua masyarakat untuk maju kembali pada pilgub Lampung periode kedua. "Kami mohon doa dan dukungannya," harap Ridho yang dihadiri pengurus pondok pesantren, anak yatim, dan masyarakat setempat.

Menurut Bachtiar, pendaftaran yang semula dilakukan pada Selasa petang, ditunda keesokan harinya, karena masih ada berkas persyaratan yang masih harus diselesaikan. Penyelesaikan berkas tersebut bisa sampai petang dan malam. Sedangkan kantor KPU Lampung tutup pada pukul 16.00 WIB.

Pada hari terakhir Rabu (10/1), pilgub Lampung masih menyisakan dua paslon yang belum mendaftar yakni Ridho Bachtiar dan Arinal - Chusnuniah. Sedangkan dua paslon lainnya Mustafa Jajuli dan Herman HN Sutono telah mendaftar pada hari pertama pagi dan petang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement