Kamis 28 Dec 2017 07:24 WIB

Pemkot Semarang Segera Realisasikan Bus Sekolah Gratis

(Ilustrasi) Bus sekolah
Foto: ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
(Ilustrasi) Bus sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Kota Semarang segera merealisasikan program bus sekolah gratis untuk memfasilitasi para pelajar di wilayah tersebut pada tahun depan.

"Kerangka besarnya adalah menekan seminimal mungkin biaya yang harus dikeluarkan pelajar untuk menempuh pendidikan," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, kemarin.

Hal itu diungkapkan Hendi, sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang itu, usai memberikan penghargaan kepada insan pendidikan Kota Semarang di Aula Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang.

Dengan demikian, kata dia, tidak ada alasan lagi bagi anak-anak di Kota Semarang yang masih dalam usia sekolah untuk tidak sekolah karena biaya pendidikan SD dan SMP negeri juga sudah gratis.

"Realisasi bus sekolah gratis sangat penting, mengingat jumlah pelajar yang selama ini menggunakan Bus Rapid Transit (BRT) Transsemarang mengalami peningkatan yang cukup signifikan," katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata dia, terjadi peningkatan signifikan jumlah pelajar pengguna BRT Transsemarang, yakni hampir lima kali lipat dari pertama kali dioperasikan.

"Dari semula pada 2012 yang hanya 528.389 pelajar, tahun ini menjadi 2.566.129 pelajar. Memang ada kenaikan hampir lima kali lipat untuk penumpang BRT Transsemarang dari kalangan pelajar," katanya.

Secara terpisah, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Transsemarang Ade Bhakti Ariawan menjelaskan pihaknya telah mengajukan permohonan pengadaan 20 unit bus sekolah kepada Kementerian Perhubungan.

"Harapannya, terealisasi 2018. Sesuai arahan Pak Wali kota, bus sekolah itu akan kami rancang untuk dioperasikan melayani pelajar di Kota Semarang tanpa dipungut biaya sedikitpun," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement