Rabu 27 Dec 2017 12:11 WIB

Tjahjo Ingatkan Anies-Sandi Realisasikan Janji Kampanye

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andri Saubani
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberi arahan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI di Balai Kota, Rabu (27/12). Tjahjo mengatakan, musrenbang harus memastikan bahwa RPJMD 2017-2022 mengakomodasi semua janji Anies-Sandi semasa kampanye saat Pilkada DKI.

Yang juga penting, kata dia, musrenbang harus selaras dengan program strategis pemerintah pusat di Jakarta. "Di samping memastikan program strategis pemerintah pusat di Jakarta bisa berjalan baik, musrenbang ini menjabarkan apa yang menjadi pikiran Pak Anies dan Pak Sandi saat cagub dan cawagub," kata dia.

Tjahjo mengatakan, visi misi Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur harus mewujud dalam program-program riil bagi masyarakat. Dia juga meminta Anies dan Sandi terus menjaga komunikasi dengan DPRD dengan baik. Sebab, komunikasi antara eksekutif dan legislatif menjadi sangat penting dalam pemerintahan.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, melalui penyelenggaraan musrenbang RPJMD 2017-2022 ini, bisa dilakukan pembahasan, penajaman, sinkronisasi, serta kesepakatan mengenai Tujuan, Sasaran, Indikator Sasaran, Strategi, Program dan Indikator Kinerja Program (outcome) dari masing-masing misi pembangunan jangka menengah.

"Untuk mewujudkan visi misi Pemprov DKI, akan dilakukan melalui strategi keadilan dan keberpihakan yang berorientasi pada warga dan ruang interaksi, serta menghadirkan birokrasi efektif dan penguatan tata kelola pemerintahan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement