Rabu 27 Dec 2017 01:55 WIB

Puncak B-29 Destinasi Wisata Favorit di Lumajang

Wisata Gunung Bromo yang berada di empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Wisata Gunung Bromo yang berada di empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Puncak bukit dengan ketinggian 2.900 meter dari permukaan laut atau dikenal dengan B-29 merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan luar daerah di Kabupaten Lumajang. Terlebih selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Berdasarkan pantauan di lapangan, banyak wisatawan luar daerah yang mengunjungi Puncak B-29 yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang Edy Hozaini saat dihubungi di Lumajang, Selasa (26/12).

Ia mengatakan Puncak B-29 masih ramai dikunjungi wisatawan, meskipun cuaca mendung dan sering hujan karena panorama Bromo Tengger Semeru tidak bisa terlihat dengan jelas saat cuaca mendung.

"Destinasi wisata yang dikenal dengan sebutan 'Negeri Di Atas Awan' tersebut juga ramai dibicarakan di media sosial, sehingga semakin banyak wisatawan yang naik ke puncak B-29 tersebut," katanya.

Menurutnya, objek wisata unggulan di Kabupaten Lumajang yakni Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut, Puncak B-29 Argosari, dan Air Terjun Tumpak Sewu.

"Selama liburan Natal dan Tahun Baru ini memang banyak objek wisata yang dikunjungi oleh wisatawan, namun sebagian besar pengunjung adalah warga Lumajang dan hanya beberapa objek wisata yang dikunjungi wisatawan luar daerah," ucap mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Lumajang itu.

Ia mengatakan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lumajang selama liburan sekolah meningkat, namun tidak signifikan karena faktor cuaca yang tidak bersahabat karena intensitas hujan yang cukup tinggi berpengaruh pada tingkat kunjungan wisata.

"Kunjungan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan libur sekolah tahun ini cenderung menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu karena dampak cuaca ekstrem yakni hujan deras yang mengguyur Lumajang," katanya.

Pada Desember 2017, lanjut dia, banyak kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menarik wisatawan karena bertepatan dengan Hari Jadi Lumajang, sehingga kegiatan yang dikemas dengan seni budaya diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Lumajang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement