Senin 25 Dec 2017 13:13 WIB

BMKG Berikan Perkembangan Cuaca Melalui Aplikasi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Budi Raharjo
Tampilan informasi-informasi yang ada di aplikasi Info BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).  Aplikasi Info BMKG dapat diunduh masyarakat luas di Play Store maupun Apple Store.
Foto: Wahyu Suryana
Tampilan informasi-informasi yang ada di aplikasi Info BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Aplikasi Info BMKG dapat diunduh masyarakat luas di Play Store maupun Apple Store.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menekankan pentingnya informasi cuaca didapatkan masyarakat luas. Karenanya, saat ini informasi itu dihadirkan melalui aplikasi.

"Info cuaca di berbagai provinsi, kota dan kabuapten di Indonesia dapat dilihat terupdate online dari info BMKG," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, kepada Republika, Senin (25/12).

Aplikasi itu sendiri dapat diunduh masyarakat luas baik dari Play Store maupun Apple Store. Dalam aplikasi Info BMKG, ada beragam informasi tentang cuaca dari daerah-daerah di Indonesia.

Mulai dari prakiraan cuaca, kualitas udara, gempa bumi, cuaca maritim sampai cuaca bandara. Dalam aplikasi, dihadirkan informasi-informasi cuaca dari masing-masing daerah dari 34 provinsi di Indonesia.

Dalam pilihan 34 provinsi itu terdapat prakiraan cuaca dari kabupaten/kota. Selain itu, ada pula informasi-informasi cuaca dari kota-kota besar di Indonesia.

Untuk informasinya di antaranya cuaca, suhu maksimal dan minimal dan lain-lain. Untuk gempa bumi, ada informasi-informasi seperti waktu terjadi, magnitudo (kekuatan), kedalaman, pusat gempa dan daerah terdampak.

Selain itu, ada peringatan dini dari cuaca yang ada. Salah satu informasi yang jarang didapatkan masyarakat yaitu cuaca maritim yang memberikan informasi-informasi cuaca laut.

Prakiraan cuaca perairan-perairan mulai Selat Malaka, Perairan Lhokseumawe, Perairan Sabang dan lain-lain ada. Khusus untuk libur Natal dan Tahun Baru, dihadirkan pula cuaca jalur-jalur mudik. "Khusus untuk jalur mudik Natal dan Tahun Baru sudah kamis siapkan sejak 20 Desember lalu," ujar Dwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement