Ahad 24 Dec 2017 16:49 WIB

Malioboro Steril dari Kendaraan Saat Malam Pergantian Tahun

Kawasan Malioboro di Yogyakarta.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Kawasan Malioboro di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyebut akan dilakukan penutupan arus lalu lintas menuju Malioboro pada malam pergantian tahun sehingga tidak ada kendaraan apa pun yang diperbolehkan masuk ke Malioboro.

Penutupan jalan menuju Malioboro rencananya dilakukan bertahap sejak sore hingga dini hari pada malam pergantian tahun. "Kami sudah koordinasikan rencana ini ke berbagai pihak, termasuk kepolisian dan melakukan langkah antisipasi dengan rekayasa lalu lintas serta manajemen parkir yang diterapkan," katanya, Ahad (24/12).

Haryadi meminta warga dan wisatawan yang merayakan malam pergantian tahun di Kota Yogyakarta dapat menjaga kondisi agar tetap aman, nyaman dan tertib serta bersih.

Dia mengingatkan seluruh penyelenggaraan acara malam pergantian tahun mengantongi perizinan yang diperlukan sehingga kegiatan berjalan tertib dan aman.

"Penyelenggaraan acara untuk malam tahun baru diperbolehkan. Namun, penyelenggara harus meminta izin dan memberi tahu wilayah. Setidaknya kepolisian sektor setempat," kata Haryadi.

Menurut dia, lokasi yang akan menjadi tujuan utama warga dan juga wisatawan merayakan malam pergantian tahun tetap akan berada di Tugu hingga kawasan Malioboro. "Kami belum mendapat informasi mengenai kegiatan yang akan digelar di lokasi tersebut. Harapannya, ada banyak keramaian sehingga bisa memecah konsentrasi massa agar tidak menumpuk di Tugu hingga Malioboro saja," kata Haryadi.

Selama libur Natal dan Tahun Baru 2018, Pemerintah Kota Yogyakarta memperkirakan sekitar empat hingga lima juta wisatawan datang ke kota tersebut.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta agar kebutuhan parkir di sekitar kawasan Malioboro saat malam pergantian tahun dapat disiapkan sejak awal.

"Karena kendaraan tidak boleh masuk Malioboro, maka harus diparkir di kawasan sekitar. Manajemen parkir ini yang harus disiapkan dan direncanakan sebaik mungkin agar lalu lintas tetap nyaman," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement