Senin 18 Dec 2017 19:07 WIB

Trans Patriot Resmi Diuji Coba di Kota Bekasi

Rep: Farah Noersativa/ Red: Karta Raharja Ucu
Uji coba bus Trans Patriot di Bekasi, Senin (18/12).
Foto: Republika/Farah Noersativa
Uji coba bus Trans Patriot di Bekasi, Senin (18/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kota Bekasi masih terus mengupayakan pengalihan transportasi kepada transportasi massal bagi masyarakatnya. Salah satu upayanya adalah dengan pengadaan transportasi umum lebih banyak seperti bus Trans Patriot yang Senin (18/12) ini diresmikan.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan moda transportasi Trans Patriot merupakan salah satu moda transportasi yang diharapkan dapat menjadi andalan bagi warga Bekasi untuk berpergian. Hari ini, Pemerintah Kota Bekasi melakukan sosialisasi mengenai keberadaan bus Trans Patriot untuk kepentingan masyarakat, ujarnya, Senin (18/12) di Plaza Pemerintah Kota Bekasi.

Ia menekankan untuk saat ini, pihaknya baru sedang mensosialisasikan bus bernuansa hijau-kuning itu kepada masyarakat. Sebab, saat ini plat yang digunakan pada ke sembilan bus Trans Patriot adalah pelat merah, sehingga masih belum bisa digunakan untuk mengangkut penumpang.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Perhubungan, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, M Solikhin. "Saat ini plat masih merah, jadi sifatnya sosialisasi dan masyarakat boleh menaikinya secara gratis dalam sosialisasi ini," ujar Solikhin kepada Republika.co.id, Senin (18/12).

Ia mengatakan dalam uji coba ini, terdapat dua trayek yang akan dilalui oleh bus Trans Patriot. Trayek itu adalah Harapan Indah - Terminal Induk Kota Bekasi, dan Terminal Induk Kota Bekasi - Pondokgede.

Hal itu, kata dia, menyesuaikan dengan ketersediaan bus yang saat ini masih berjumlah sembilan bus. Menurutnya, pihaknya masih akan mengoptimalkan dua trayek itu dengan sembilan bus yang ada.

"Nanti ke depan kita akan ajukan kepada Pemerintah Pusat untuk penambahan jumlah bus sedang ini untuk mengisi trayek-trayek lain," ujarnya.

Uji coba itu sendiri diprediksi akan berlangsung sampai plat kuning bisa dipasang pada bus. Uji coba itu tentu akan dilakukan evaluasi lebih lanjut mengenai antusaisme masyarakat dan dampaknya terhadap moda angkutan lain.

Sementara, pada saat uji coba pada Senin (18/12) pagi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wakil Wali Kota Ahmad Syaikhu, mencoba menaiki Bus Trans Patriot dengan jalur Jalan Ahmad Yani - Jalan Pekayon Jatiasih -Rawalumbu- Cut Meutia - Jalan Kartini - Jalan Veteran. Hadir pula dalam peresmian Bus Trans Patriot dengan pemotongan pita adalah Kepala Kepolisian Resor Kota Bekasi Kombes Pol Indarto, Komandan Dandim 0507/Bekasi Letkol Inf. Wawan Kusnendar, beserta pemangku kebijakan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement