Kamis 07 Dec 2017 15:36 WIB

Festival Durian akan Digelar di Alun-Alun Banyumas

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Durian. Ilustrasi
Foto: The Flaming Vegan
Durian. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Sebagai salah satu daerah penghasil duren yang terkenal dengan durian Bawornya, Pemkab Banyumas akan menggelar festival durian di Alun-alun Banyumas, Sabtu-Ahad (9-10/12). Dalam festival ini, berbagai jenis durian lokal Banyumas akan dihadirkan dan dijual para petani dan pedagang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyumas, Widarso, Kamis (7/12) menegaskan, dalam festival ini tidak ada festival makan durian gratis sepuasnya. Pengunjung bisa mengonsumsi durian 'sepuasnya' dengan cara membeli dari petani atau pedagang yang mengikuti festival.

''Untuk itu, kita sudah mengundang petani dan kelompok tani durian yang ada di Banyumas, untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Karena yang menjual adalah langsung dari petani, kita jamin harganya akan lebih murah daripada bila beli di pedagang,'' kata dia.

Widarso menyebutkan, untuk mempromosikan durian lokal Banyumas, pihaknya sudah secara rutin menggelar festival durian pada saat setiap musim panen. Hal ini mengingat potensi durian Banyumas yang memang cukup besar.

Berdasarkan data yang dia miliki, populasi pohon durian di Banyumas mencapai sekitar 187.854 pohon dengan produksi 30.948 kuintal per tahun. Populasi pohon durian ini tersebar di berbagai wilayah, seperti di Kecamatan Kemranjen, Sumpiuh, Tambak, Somegede, Banyumas dan Kebasen.

Sedangkan jenis pohon durian yang dibudidayakan bervariasi. Antara lain seperti kromo, cane, dan durian Bawor yang sebenarnya merupakan pengembangan dari jenis durian montong.

Kasi Hortikultura Dispertan KP, Iin Dwi Sulityatik, mengatakan dalam festival durian ini juga akan digelar lomba durian. Hal ini untuk menjaring jenis durian lokal yang merupakan varietas durian paling baik.

''Selama ini, Durian Kromo sudah dikenal merupakan jenis durian yang paling berkualitas. Selain ukuran buahnya yang besar, daging buahnya juga tebal dan bijinya kecil. Selain itu, daging buahnya berwarna oranye, sangat manis dan aromanya tidak terlalu tajam,'' katanya.

Iin menyebutkan, durian Kromo ini sudah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman (semacam HAKI) oleh Kementrian Pertanian. ''Dengan keunggulan yang dimiliki Durian Kromo, varietas ini juga telah dilepas menjadi varietas durian unggul nasional,'' katanya

Meski bertajuk festival durian, Iin menyebutkan, dalam acara tersebut juga akan dipamerkan semua produk pertanian, baik berupa mulai bibit maupun hasil panen. ''Dengan demikian, dalam festival ini pengunjung tidak hanya menikmati buah durian. Melainkan juga, bisa membeli bibit berbagai macam tanaman,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement