Rabu 06 Dec 2017 19:39 WIB

Sopir Truk Tewas Tenggelam di Danau Bekas Galian Pasir

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Hazliansyah
Penemuan Mayat (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Penemuan Mayat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Seorang sopir truk Afif Arifudin (21), warga Dusun Krajan Desa Wanadri Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara, tenggelam di danau bekas galian pasir. Korban tenggelam di danau sekitar lokasi penambangan pasir Desa Wanadri Kecamatan Bawang, Selasa (5/12).

"Kami menerima laporan adanya kejadian itu Selasa siang, dan langsung mengirimkan personel ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian. Namun jenazah korban baru kami temukan Rabu (6/12) pagi," jelas Koordinator Badan SAR nasional Pos SAR Cilacap, Mulwahyono.

Berdasarkan informasi yang dia terima, korban saat itu sebenarnya sedang memuat pasir yang ada di lokasi penambangan pasir tersebut. Namun melihat ada bekas galian cukup lebar, dia bersama beberapa temannya tertarik untuk mandi dan berenang.

"Diperkirakan saat berenang ke tengah danau, korban mengalami kram di bagian kaki sehingga kemudian tenggelam," jelas Mulwahyono.

Beberapa rekan korban yang melihat kejadian tersebut sebenarnya sudah berusaha menolong. Namun saat akan dilakukan pertolongan, tubuh korban sudah tidak terlihat lagi.

Mulwahyono menyebutkan, tim dari Basarnas Cilacap yang dikirim ke lokasi kejadian, sebenarnya sudah langsung melakukan pencarian dengan dibantu oleh petugas dari BPBD Cilacap. Namun hingga menjelang malam, korban tidak berhasil ditemukan sehingga pencarian dilanjutkan keesokan harinya.

"Setelah dilakukan pencarian pada Rabu ini, korban baru berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," jelasnya.

Menurut dia, saat dilakukan pencarian, tim pencari sempat melakukan penyedot air danau. Namun karena volume air danau cukup besar, dimana danau memiliki luas 424 meter persegi dan kedalaman sekitar 5-7 meter, maka penyedotan yang hanya menggunakan mesin kecil tidak cukup cepat menguras air.

Berdasarkan pertimbangan itu, pencarian kembali dilakukan dengan melakukan penyelaman. "Saat itu, penyelaman dilakukan di titik terakhir lokasi korban tenggelam. Setelah dilakukan penyelaman selama 30 menit, akhirnya jenazah korban berhasil ditemukan," jelasnya.

Setelah dievakuasi ke pinggir danau dan dilakukan pemeriksaan oleh personel dari Polres Banjarnegara dan Puskesmas II Bawang, jenazah Afif kemudian diserahkan pada keluarga korban untuk dipulangkan ke rumah duka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement