Senin 04 Dec 2017 07:39 WIB

Turis Cina Batalkan Liburannya ke Bali Hingga Januari

Erupsi Gunung Agung tak mengalangi kunjungan turis ke sejumlah tempat wisata, salah satunya Pura Besakih, Bali, Sabtu (2/12).
Foto: Republika/ Wihdan
Erupsi Gunung Agung tak mengalangi kunjungan turis ke sejumlah tempat wisata, salah satunya Pura Besakih, Bali, Sabtu (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Ketua Perkumpulan Biro Perjalanan Wisata (BPW) Bali Liang, Elsye Deliana mengatakan ribuan wisatawan asal Cina batal ke Bali pada Desember 2017 hingga Januari 2018.

"Akibat dampak erupsi Gunung Agung. Ribuan turis asal Cina membatalkan diri ke Bali pada Bulan Desember 2017 hingga Januari 2018," kata Elsye, di Denpasar, Senin (4/12).

Ia mengatakan Pemerintah Cina sudah membatasi warganya untuk bepergian ke Bali, seiring meningkatnya aktivitas erupsi Gunung Agung. "Bahkan hingga Januari 2018 pesawat terbang dari Cina baik reguler maupun carter tidak akan terbang ke Pulau Dewata," ucapnya.

Elsye yang biasa menangani wisman Cina tersebut mengatakan kondisi ini sangat memukul sektor pariwisata di Bali. Khususnya paket tamu asal Cina sampai Januari 2018.

Data kunjungan saat musim sepi (low session), turis dari Cina yang datang ke Bali tiap harinya sebanyak 15 penerbangan dengan jumlah rata-rata 150 turis per pesawat. Sementara pada pada musim puncak (high session) bulan Juli-Agustus, terdapat 30 hingga 35 penerbangan dari Cina ke Bali setiap hari dengan jumlah penumpang rata-rata 150 setiap pesawat, ujarnya.

Ia mengatakan jika turis Cina batal ke Bali bulan Desember hingga Januari saja, maka kondisi sektor pariwisata Pulau Dewata akan sangat berpengaruh.

"Belum lagi setelah itu, karena kita tidak bisa prediksi apa yang akan terjadi nanti. Sebab wisatawan asal Cina pasti mendengar pernyataan pemerintah setempat. Sebab ada imbauan untuk membatasi kunjungan ke Bali bila situasi masih terjadi erupsi gunung tertinggi di Bali," ucapnya.

Pada Imlek 2018, pihaknya juga belum tahu apakah wisatawan akan datang atau tidak, padahal biasanya saat itu puncak kunjungan wisatawan Cina ke Bali.

"Bila pemerintah bisa tangani dengan baik saat terjadi krisis, kesan Bali akan tetap bisa bagus, mereka tetap percaya pemerintah wisatawan tangani dengan baik saat krisis seperti sekarang," ujarnya.

Elsye mengatakan wisatawan Cina sebenarnya tidak takut dengan aktivitas Gunung Agung, tetapi mereka takut tidak bisa pulang ke negaranya jika terjadi penutupan Bandara Gusti Ngurah Rai sebagai dampak erupsi Gunung Agung seperti beberapa hari lalu. "Kami bilang Bali aman sama mereka, tidak ada pengaruh letusan Gunung Agung, cuma untuk kepulangan mereka jika Bandara Ngurah Rai tutup, itu yang masih dipertanyakan, ini harus ditangani dengan baik jika kembali terjadi penutupan bandara tersebut," kata Elsye.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement