Senin 27 Nov 2017 09:00 WIB

Bandara Lombok Kembali Dibuka Pagi Ini

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bandara Internasional Lombok
Foto: Maman Sudiaman/Republika
Bandara Internasional Lombok

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Bandara Internasional Lombok atau Lombok International Airport (LIA) kembali dibuka setelah sempat ditutup pada Ahad (26/11) pukul 17.55 kemarin.

General Manager LIA I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, keputusan dibukanya LIA pada pagi ini setelah hasil rapat bersama dengan BMKG, AirNav, dan Groundhandling.

"Telah diputuskan bandara pada pukul 06.00 Wita sudah buka kembali. Jadi mulai aktif penerbangan," ujar Ardita di LIA, Lombok Tengah, NTB, Senin (27/11).

Keputusan ini diambil setelah pengamatan di lapangan dan citra satelit tidak mendeteksi adanya abu vulkanik. Dengan begitu, LIA kembali beroperasi dengan melayani 104 pergerakan penerbangan pada hari ini.

Ardita menambahkan, sejak penutupan bandara pada Ahad (26/11) pukul 17.55 Wita, tim bandara dengan selalu melakukan pemantauan.

Ardita tak menampik jika sebaran abu sebagian besar menuju ke Lombok. Namun, hal ini sangat bergantung pada arah angin. Untuk itu, manajemen LIA akan meningkatkan intensitas pemantauan. "Kalau kemarin dua jam, maka sekarang tiap jam pantauan," lanjut Ardita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement