Jumat 24 Nov 2017 20:55 WIB

Desk Pilkada Sukabumi Optimal Sukseskan Pilkada 2018

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Pilkada (ilustrasi)
Foto: Antara/Embong Salampessy
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi telah membentuk desk pilkada untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada serentak 2018 mendatang. Di mana desk pilkada ini nantinya memberikan data mengenai perolehan suara pada pilkada untuk kepentingan internal pemerintah.

"Desk pilkada bukan ikut secara teknis tapi memberikan dukungan bagi KPU dan Panwaslu," ujar Ketua Desk Pilkada Pemkot Sukabumi sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Hanafie Zain kepada wartawan, Jumat (24/11). Misalnya, kata dia, berkaitan dengan keperluan pencairan anggaran dan kebutuhan orang di sekretariat baik KPU maupun Panwas.

Selain itu berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan baik di kelurahan maupun kecamatan. Menurut Hanafie, pada waktunya nanti desk pilkada juga akan mendata perolehan suara pada pilkada baik wali kota maupun gubernur Jabar. Data ini lanjut dia untuk kepentingan internal yakni wali kota yang diteruskan kepada gubernur hingga pemerintah pusat.

Intinya ungkap Hanafie, keberadaan desk pilkada tidak ikut serta dalam teknis penyelenggaraan dan hanya berperan memberikan dukungan. Harapannya kata dia pelaksanaan pilkada berjalan sukses dengan tingkat partisipasi warga yang tinggi.

Ditambahkan Hanafie, posisi ketua desk pilkada memang secara otomatis dipegang Sekda di daerah masing-masing. "Meskipun saya pensiun dini, nanti ada Plt sekda yang jadi ketua desk pilkada," cetus dia.

Seperti diketahui Sekda Kota Sukabumi Hanafie Zain akan memasuki masa pensiun dini pada 1 Desember 2017 mendatang. Langkah tersebut dilakukan Hanafie karena berencana maju sebagai calaon wali kota Sukabumi pada pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Sukabumi 27 Juni 2018 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement