Jumat 17 Nov 2017 09:51 WIB

Dinas Pertanian Manado Bangun Kolam Ikan untuk Petani

Kolam ikan (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Kolam ikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado membangun tiga kolam ikan di Kima Atas, Mapanget. Ketiga kolam tersebut diperuntukan bagi tiga kelompok tani setempat.

"Kolam ikan yang dibangun tersebut khusus untuk memelihara ikan lele jenis dumbo dan diberikan sebagai bantuan bagi kelompok tani setempat," kata Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado, Nolfie Talumewo, di Manado, Jumat (17/11).

Selain tiga kolam pemeliharaan ikan lele, Dinas Pertanian juga memberikan bantuan bibit ikan dan disebarkan di tiga kolam tersebut. Bibit ikan yang disebarkan sekitar tiga sampai empat ribu dengan harapan bisa berkembang baik dan dapat dipanen tepat waktu, yakni sekitar dua hingga tiga bulan mendatang.

Dia mengatakan baik bibit maupun kolam ikan lele tersebut diberikan oleh pemerintah kota melalui Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Manado, untuk meningkatkan produksi ikan lele di daerah itu dan mendorong perkembangan ekonomi, kesejahteraan kelompok tani, dan masyarakat pada umumnya. Anggarannya, kata Talumewo, berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Selain itu, menurut Talumewo, dengan memelihara dan mengembangkan lele di kolam tersebut, ikan yang akan dipanen lebih bersih dan sehat dikonsumsi.

"Apalagi kan, ikan lele memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja," katanya.   

Dia mengaku sudah meninjau kolam ikan tersebut sekaligus memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada kelompok tani setempat.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement