Senin 13 Nov 2017 16:55 WIB

Ini Alasan Polri Lakukan Langkah Persuasif ke KKB Papua

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin
Foto: dok polri
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakapolri Komjen Syafruddin menegaskan, Polri dan TNI mengutamakan keselamatan jiwa dan raga warga yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Tembagapura, Papua. KKB akan ditindak hukum secara tegas akibat perbuatan kriminalnya tersebut.

"Langkah-langkah persuasif aparat TNI dan Polri kenapa demikian? Supaya tidak terjadi ekses negatif. TNI dan Polri mengutamakan keselamatan jiwa dan raga para sandera," ujar Syafrudin di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/11).

Syafrudin menyebutkan, tujuan tersebut terus dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Menurut dia, KKB telah melakukan tindakan krikinal yang serius. Karena itu, pemerintah dan Polri akan melakukan tindakan hukum yang tegas.

"Seluruh kekuatan dan upaya dilakukan pemerintah untuk melakukan penyelamatan kepada sandera," jelasnya.

Apabila ekses berupa KKB melakukan perampasam alat-alat terjadi, baik itu dari pemerintah atau perusahaan, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas dan keras. Akan tetapi, sekali lagi Syafrudin mengatakan, tugas utama saat ini adalah menyelamatkan sandera.

"Anak-anak dan wanita sudah diselamatkan, tinggal pekerja dann kaum laki-laki. Ini akan dilakukan secara gradual, tidak sembrono," jelas Syafrudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement