Kamis 09 Nov 2017 13:52 WIB

Ini Kriteria yang Cocok Dampingi Emil di Pilgub Jabar

Pengamat politik Unpad, Muradi.
Foto: Ist
Pengamat politik Unpad, Muradi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pakar Ilmu Politik dan Pemerintahan dari Universitas Padjajaran Bandung, Muradi, menyebut ada tiga kriteria yang harus dipertimbangkan Ridwan Kamil dalam memilih wakilnya. Pertama, Muradi menyebut calon pendampingnya harus mampu menutupi kelemahan popularitas dan elektabilitas Emil di suatu wilayah.

"Cari wakil yang bisa garap kelemahan basis pemilih Emil. Kedua, menurutnya calon wakil harus memiliki jaringan yang kuat, salah satunya melalui partai," ujar Muradi.

Dengan kekuatan jaringan partai yang dimiliki, kata dia, maka wakil tersebut diyakini mampu meningkatkan sosialisasi yang baik sehingga berpotensi besar untuk menarik simpati pemilih. "Hal yang ketiga, wakilnya harus bisa menopang kinerja Emil. Bukan sebaliknya," ujarnya.

Apabila melihat kandidat calon wakil Emil yang disodorkan partai pengusung saat ini, Muradi menilai Uu Ruzhanul Ulum lebih unggul dibanding Daniel. Karena menurutnya sosok Uu mampu mendongkrak popularitas dan elektabilitas di Priangan Timur. "Sebagai putra asli Priangan timur dan telah memiliki jaringan yang kuat, menurutnya Uu bisa meraup suara untuk Emil. Uu relatif bisa mengambil suara di Priangan timur," katanya.

Sedangkan sosok Daniel, meskipun berasal dari utara Jawa Barat, menurut Muradi belum tentu bisa meningkatkan popularitas dan elektabilitas di kawasan tersebut. Selain itu dari sisi jaringan partai pun, Muradi menilai Uu lebih unggul dibanding Daniel dan dengan bulatnya dukungan PPP untuk Uu, mesin partai akan bekerja maksimal dalam mensosialisasikan Emil-Uu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement