Senin 06 Nov 2017 14:30 WIB

Keraton Kasepuhan Cirebon Kembali Gelar Festival Hadroh

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Keraton Kasepuhan Cirebon (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Keraton Kasepuhan Cirebon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Keraton Kasepuhan Cirebon akan kembali menggelar Festival Hadroh. Kegiatan tersebut menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan keraton tersebut.

Festival Hadroh dilaksanakan setiap bulan Maulid di Keraton Kasepuhan Cirebon. "Tahun ini merupakan yang ketiga kali," kata Sultan Sepuh IV, PRA Arief Natadiningrat, kepada Republika.co.id, Senin (6/11).

Sultan Sepuh menjelaskan, babak penyisihan Festival Hadroh akan dilaksanakan pada 25 -29 November. Sedangkan finalnya akan berlangsung pada 30 November.  Saat ini pendaftaran bagi peserta masih berlangsung.

Sultan Sepuh menyebutkan, saat Festival Hadroh tahun lalu, jumlah peserta mencapai 100 group hadroh. Dia memperkirakan, tahun ini pun jumlah peserta tak jauh dari angka tersebut.

Festival Hadroh sengaja diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Keraton Kasepuhan. Tujuannya, untuk mengagungkan Nabi Muhammad SAW dengan memperbanyak sholawat. Diadakannya Festival Hadroh juga dimaksudkan untuk mengapresiasi generasi muda yang mencintai seni Islami.

"Kita sambut kelahiran Nabi Muhammad SAW," kata Sultan Sepuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement