Senin 06 Nov 2017 00:40 WIB

Khofifah Ajak Generasi Milenial Bangun Patriotisme

Rep: Kabul Astuti/ Red: Elba Damhuri
  Bendera Merah Putih.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bendera Merah Putih. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan orang mengikuti jalan sehat kebangsaan dan doa lintas agama yang digelar Kementerian Sosial di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Ahad (5/11). Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berpesan agar generasi milenial membangun semangat patriotisme dan senantiasa meneladani jasa para pahlawan bangsa.

"Peringatan Hari Pahlawan hendaknya menjadi cermin refleksi keteladanan untuk terus bekerja dan meningkatkan produktivitas dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera," kata Khofifah dalam siaran pers, Ahad (5/11).

Menurut Khofifah, Hari Pahlawan harus dimaknai sebagai upaya membangun kesadaran kolektif akan nilai-nilai kejuangan, yang diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai dengan perkembangan zaman.

Dalam kegiatan tersebut, para tokoh lintas agama membacakan doa dengan tata cara agama masing-masing. Umat Islam diwakili oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarifuddin Muhammad. Kristen diwakili oleh Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Hendriette Lebang Hutabarat.

Kemudian, Katolik diwakili Sekretaris Komisi Hubungan Antar Umat Beragama Wali Gereja Indonesia Romo Agustinus Ulahayanan, Hindu diwakili oleh Astono Chandra Dana dari Parisada Hindu Dharma Indonesia, dan umat Buddha diwakili oleh Samanera Kantisilo dari Wali Umat Budha Indonesia (Walubi).

"Lewat doa bersama ini, saya berharap rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan seluruh umat beragama dapat semakin erat," kata Khofifah.

Selepas doa bersama, Menteri Sosial melepas peserta jalan sehat yang terdiri dari berbagai unsur seperti pelajar, keluarga besar Kementerian Sosial, Pramuka, organisasi masyarakat, Komunitas Sepeda Onthel, Kowani, Muslimat NU, Suporter Sepak Bola, Karang Taruna, keluarga pahlawan, dan masyarakat umum.

Sejumlah lomba turut digelar untuk memeriahkan acara tersebut di antaranya lomba baju adat dan lomba kostum pahlawan. Panitia membagikan banyak hadiah doorprize kepada peserta jalan sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement