Sabtu 04 Nov 2017 23:07 WIB

Andrinof Luncurkan Buku Evolusi Mimpi Menata Indonesia

Peluncuran buku
Foto: Republika/ Zahrotul Oktaviani
Peluncuran buku "Evolusi Mimpi Menata Indonesia" karya Andrinof A Chaniago dan Jejak Kelahiran Pemikiran Pembangunan Pasca 2014 di Rumah Perubahan, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (4/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan menteri PPP/kepala Bappenas Andrinof A Chaniago memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-55 dengan meluncurkan buku Evolusi Mimpi Menata Indonesia di Rumah Perubahan Rhenald Kasali di Jatimurni, Bekasi, Sabtu (4/11).  Buku yang ditulis oleh Ade Wiharso dan Lina M Komarudin tersebut terkait dengan kualitas pembangunan Indonesia dari masa ke masa.

Menurut Andrinof, model membangun Indonesia jangan lagi terjebak hanya mengejar pertumbuhan, sebelum melakukan penataan Indonesia. "Menata Indonesia, antara lain memperkuat lapisan masyarakat yg masih lemah, menyebarkan pusat-pusat pertumbuhan, dan memulihkan keseimbangan ekosistem," katanya berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (4/11).

Menurut Andrinof, Indonesia yang tertata itu akan menjadi modal untuk menciptakan pertumbuhan kesejahteraan yang berkelanjutan. Untuk itulah, sambung dia, penting kiranya untuk menciptakan keseimbangan antarkelas sosial, antarwilayah, antarsektor, dan antarunsur ekosistem.

"Jika sudah tercipta keseimbangan itu maka akan menjadi landasan kokoh untuk meraih pertumbuhan ekonomi yang berkualitas," kata Andrinof.

Selain itu, menurut Andrinof, ekonomi Indonesia akan tumbuh di atas alas yang kuat, yaitu alas sosial, wilayah, dan sektor-sektor prioritas, seperti pangan, energi, industri, maritim, dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement