Selasa 31 Oct 2017 00:56 WIB

LIPI Kembangkan Analisis Sentimen Percakapan Media Sosial

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Elba Damhuri
Logo LIPI
Foto: lipi.go.id
Logo LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama perusahaan rintisan penyedia platform customer engagement, Ivosight, menandatangani perjanjian kerja sama Penelitian dan Pengembangan "Sentimen Analysis" dalam acara Indonesia Science Expo 2017.

"Sebuah kehormatan bagi startup seperti kami, bisa berkolaborasi, bergandengan tangan dengan lembaga riset negara kelas dunia seperti LIPI," kata Elga Yulwardian, CEO & Co Founder Ivosight, usai penandatanganan perjanjian kerja sama di Balai Kartini, Jakarta (26/10).

Kerja sama ini merupakan pertama kali di Indonesia dalam hal penelitian dan pengembangan analisis sentimen. Kerja sama tersebut memungkinkan kedua pihak berbagi kompetensi demi menjawab tantangan pasar dan kemajuan teknologi yang sangat dinamis. Khususnya dalam memahami dan menganalisis data percakapan media sosial lebih dalam lagi.

Jumlah pengguna media sosial meningkat pesat seiring kemajuan teknologi informasi yang bergerak cepat. Warganet bebas berbagi informasi hingga membentuk opini publik. Opini tersebut diyakini sebagai data akurat sebab opini publik terbentuk dari suatu luapan emosi, pendapat, atau cerita yang terkumpul di media sosial. Seperti dalam Twitter yang kerap menjadi kanal bagi warganet untuk 'curhat'.

Baik perusahaan maupun partai politik dapat menggunakan data tersebut sebagai sumber informasi penting mengenai tanggapan masyarakat, layanan, dan mengukur tingkat popularitas. Namun mengukur sentimen percakapan di media sosial bukan hal yang mudah. Bahasa yang digunakan dalam media sosial yang menggunakan bahasa formal menjadi salah satu kendala sehingga dibutuhkan analisis agar opini media sosial tersebut dapat diartikan dan digunakan dalam pengambilan keputusan.

LIPI tertarik bekerja sama dengan Ivosights karena kegiatan penelitian dan pengembangan analisis sentimen memang sejalan dengan kebutuhan industri. "Opini mining atau sentimen analysis adalah riset komputasional atas opini sentimen dan emosi yang diekspresikan secara tekstual," jelas Dr. Yan Riyanto Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI.

"Kerja sama ini diharapkan menjadi awal yang sukses dalam riset komputasional, juga riset-riset lain yang dikembangkan dari kerja sama ini. Kami berharap penelitian ini mampu menghasilkan suatu produk atau aplikasi yang bermanfaat, dapat selalu dikembangkan sesuai kebutuhan," jelas Yan Riyanto.

Platform Ripple10 sebagai salah satu produk andalan Ivosights yang sangat membantu pengguna untuk memahami tuntutan pelanggan, mendeteksi potensi krisis, sekaligus menyusun langkah strategis demi membidik basis pelanggan potensial.

Platform tersebut dapat melacak perbincangan seputar brand di berbagai media sosial, situs online, bahkan media cetak. Semuanya dapat dipantaudalam satu layar dengan tampilan yang mudah dimengerti. Ripple10 akan membantu tim pemasar dan public relations, termasuk melihat sentimen positif dan negatif.

Pihak Ivosights akan terus memperkuat core engine Ripple10. Dalam tiga bulan terakhir saja jumlah server yang digunakan meningkat lima kali lipat dan menangkap miliaran data percakapan di media sosial. Kesamaan riset antara Ivosights dan LIPI dapat membuat sinergi kolaborasi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement