Ahad 29 Oct 2017 10:33 WIB

Kota Sukabumi Pilih Bangun Monumen Ingatkan Sumpah Pemuda

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
 Patung yang ada Museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta, (25/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Patung yang ada Museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta, (25/10).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Kota Sukabumi baru saja memiliki monumen pemuda yang lokasinya berada di pusat Kota. Keberadaan monumen pemuda ini diresmikan pada momen peringatan hari sumpah pemuda pada Sabtu (28/10).

Monumen pemuda ini lokasinya tepat berada di persimpangan Jalan Veteran yang mengarah ke Gedung Juang Sukabumi. Monumen tersebut bercirikan kepalan tangan di puncak dan di di dindingnya terdapat isi sumpah pemuda dan kalimat Maju pemuda maju Kota Sukabumi.

"Monumen ini inovasi dan kreasi dari pemuda Sukabumi," kata Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz kepada wartawan selepas meresmikan monumen. Ia menerangkan pemkot memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan monumen tersebut.

Muraz mengatakan, selama ini pemuda di Sukabumi bersama dengan pemerintah telah bersama-sama menjaga kondusivitas wilayah dan mendukung program pembangunan. Hal ini untuk mewujudkan pemerintahan rahmatan lilalamin.

Dalam momen sumpah pemuda tahun ini, Muraz mengutip pesan tokoh proklamator Bung Karno terhadap pemuda Indonesia. Pesan itu yakni jangan warisi abu sumpah pemuda, tapi warisi api sumpah pemuda. Inti pesan tersebut adalah semangat para pemuda dulu yang bersatu padu memajukan Indonesia harus menjadi semangat pemuda hari ini dan seterusnya.

Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sukabumi Luviana Adam mengatakan, keberadaan monumen pemuda ini menjadi media untuk mengingatkan persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda. Harapannya, persatuan dan kesatuan ini akan turut memajukan Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement