Sabtu 28 Oct 2017 05:12 WIB

Sosialisasi Bahaya TB, Kota Padang Bentuk Tim 'Ketuk Pintu'

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Tuberkulosis.
Foto: Reuters
Ilustrasi Tuberkulosis.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota Padang menganut sistem 'jemput bola' dalam melakukan kampanye sadar bahaya Tuberkulosis (TB). Puskesmas Alai misalnya yang terletak di Kecamatan Padang Utara memulai kegiatan jemput bola dengan membentuk tim kerja pelaksanaan 'Ketuk Pintu'. Idenya sederhana, yakni tim dari puskesmas akan melakukan sosialisasi langsung di setiap keluarga.

Kapus Puskesmas Alai, dr. Inna Rokendry Azwar mengatakan, tim ini terbentuk berdasarkan instruksi Dinas Kesehatan Kota Padang. Nantinya, tim 'Ketuk Pintu' akan bertugas memberikan informasi seputar TB yang bekerjasama dengan kader pos yandu kelurahan Alai dan kelurahan Gunung Pangilun.

Lurah Gunung Pangilun Andi Amir SH, mengaku sangat mendukung program Puskesmas Alai untuk mencegah penyakit TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Alai. "Kami menyambut baik pembentukan Tim Ketuk Pintu yang dilaksanakan Puskesmas bersama kader. Ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka penyakit TB Paru yang bisa berakibat kematian," kata lurah, Jumat (26/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement