Sabtu 28 Oct 2017 05:04 WIB

Malang Miliki Tiga Hotel dan Restoran Percontohan Halal

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua PHRI Malang, Dwi Cahyono (kiri) saat konferensi pers Jatim Travel Mart (JTM) 2017 di Kota Malang
Foto: Wilda Fizriyani/Republika
Ketua PHRI Malang, Dwi Cahyono (kiri) saat konferensi pers Jatim Travel Mart (JTM) 2017 di Kota Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Malang mengungkapkan, Malang Raya setidaknya sudah memiliki masing-masing tiga hotel dan restoran yang menjadi percontohan halal. Ketua PHRI Malang, Dwi Cahyono mengatakan, tiga contoh ini hanyalah sebagian dari 10 target yang diharapkan dapat diterapkan ke depannya.

"Untuk sementara yang menjadi contoh halal seperti Hotel Regent Park, Restoran Inggil dan Ribgin Asri. Mereka sudah menjadi contoh halal berdasarkan menu dan fasilitas ibadahnya," kata Dwi melalui pesan singkat yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/10).

Dwi mengungkapkan, PHRI sebenarnya sudah lama mempersiapkan hotel dan restoran yang akan menjadi contoh halal. Bahkan, persiapan ini diperuntukkan untuk semua kelas hotel dan restoran yang ada di Malang Raya.

Adapun mengenai sertifikasi halal, Dwi mengaku tidak menghadapi kendala yang sulit. Sebab, wisata halal sebenarnya tidak hanya berpatokan pada makan untuk Muslim saja. Namun, dia melanjutkan, pasar halal, pemotongan hewan dan sebagainya juga masuk ke dalamnya.

Menurut Dwi, penyediaan pasar halal, pemotongan hewan sesuai syariat dan sebagainya menjadi kewenangan pemerintah untuk menyiapkannya. "Jadi masalah sertifikasi halal kita tidak ada kendala. Apalagi kita sudah kerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB) untuk memberikan kajian ini ke MUI dan itu legal," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement