Jumat 27 Oct 2017 01:36 WIB

Kue Ulang Tahun untuk Rachel dari Emil

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunjungi Rachel Herliani (11), bocah korban kekerasan yang diduga dilakukan nenek tirinya, Kamis (26/10). Rachel kini diangkat menjadi warga Kota Bandung setelah sebelumnya warga Kabupaten Bandung Barat.
Foto: Republika/Zuli istiqomah
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunjungi Rachel Herliani (11), bocah korban kekerasan yang diduga dilakukan nenek tirinya, Kamis (26/10). Rachel kini diangkat menjadi warga Kota Bandung setelah sebelumnya warga Kabupaten Bandung Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunjungi Rachel Herliani (11), korban kekerasan anak, di kediamannya Jl Lebak RT 3 RW 5 Kelurahan Kebon Waru Kec. Batununggal, Kota Bandung, Kamis (26/10).

Rachel duduk bersama orang tua dan adiknya di sebuah kamar berukuran tak lebih dari 3x4 meter yang dijadikan sebagai rumah kontrakan orang tuanya. Tampak perban masih ada di kening dan sedikit pipinya, sisa perawatan yang dijalani di rumah sakit.

Rachel merupakan korban kekejaman nenek tirinya yang mencelupkan wajah bocah kelas 5 SD tersebut ke dalam wajan yang berisi minyak goreng panas, di kediaman neneknya, di Kampung Celak, Desa Celak, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Pada kunjungannya, Ridwan membawakan kue berbentuk Mickey Mouse sebagai hadiah ulang tahun Rachel ke-12 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober mendatang. Rachel terlihat sangat senang bisa merayakan ulang tahunnya, meskipun dua hari lebih cepat, dengan orang nomor satu di Kota Bandung.

"Kebetulan mau ulang tahun, jadi kami bawa kue untuk sedikit rasa bahagia ada Pak Wali," kata Rachel.

Selain membawakan kue, Ridwan juga menyerahkan surat kependudukan bagi Rachel dan keluarga sebagai tanda bahwa mereka telah menjadi warga Kota Bandung. Dengan resmi menjadi warga Kota Bandung, maka mereka bisa mendapatkan hak-hak kesejahteraan sosialnya dari Pemkot Bandung, seperti sekolah gratis kesehatan gratis dan lain-lain.

Ia mengatakan, pemerintah kota sebetulnya memiliki mekanisme yang sudah sistematis melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat beserta aparatur di kewilayahan.

"Sebenarnya sistem pemerintah di Kota Bandung ini sudah sangat baik. Jika ada sesuatu, level kelurahan dan kecamatan melakukan kunjungan dahulu, sudah ada bantuan konseling buat anak-anaknya," ujarnya.

Ridwan melihat kondisi Rachel setelah diberikan perawatan di rumah sakit. Menurut Ridwan, Rachel sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Rachel pun mengaku sangat senang, apalagi dirinya juga dibawakan kue karena akan berulangtahun pada 28 Oktober nanti.Bocah yang bercita-cita menjadi dokter ini ingin nantinya setelah sembuh total bisa naik Bandung Tour On Bus (Bandros) bersama Ridwan Kamil. Bandros menjadi kendaraan ikon Kota Bandung yang berkeliling kota.

"Nanti udah sembuh keliling sama pak wali naik bandros ke balkot," kata Rachel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement