Rabu 25 Oct 2017 10:56 WIB

AMIK BSI Jakarta Perkuat Lulusannya Jadi Analis Sistem

AMIK BSI Jakarta menyelenggarakan seminar teknologi tentang bagaimana seseorang menjadi analis sistem.
Foto: Dok BSI
AMIK BSI Jakarta menyelenggarakan seminar teknologi tentang bagaimana seseorang menjadi analis sistem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai perguruan tinggi yang bergerak di  bidang IT, teknologi dan khususnya di bidang komputer, AMIK BSI Jakarta selalu melakukan upaya dalam menigkatkan kompetensi lulusannya. Salah satunya menjadi seorang analis sistem di bidang IT.

Contohnya yang dilakukan oleh Program Studi Manajemen Informatika (Prodi MI) AMIK BSI Jakarta. Prodi tersebut menggelar seminar teknologi yang bertemakan ‘how to be a system analyst’ bertempat di aula AMIK BSI Jakarta kampus Cengkareng, Jalan Kamal Raya nomor 18, Ringroad Barat, Cengkareng, Senin (23/10).

Seminar yang sebelumnya juga dilaksanakan di aula AMIK BSI Jakarta kampus Salemba ini menampilkan Head of Executive PHP Indonesia Peter Jack Kambey sebagai pembicara.

Peter mengatakan, peran dan posisi seorang analis sistem dalam suatu perusahaan sangatlah penting. Untuk menjadi seorang analis sistem dituntut memiliki tiga poin dasar yang harus dimiliki, yakni knowlegde, skill dan attitude.

“Selain itu, sebagai seorang analis sistem dituntut memiliki pengetahuan pemrograman yang baik, kemampuan membaca situasi dan kondisi dari berbagai sudut pandang serta kemampuan untuk mencari solusi dari sebuah masalah,” papar Peter.

Menurutnya, seorang analis sistem juga merupakan orang yang paling bertanggung jawab pada proses analisis dan perancangan sistem informasi.  “Tugas utama  seorang analis sistem adalah menentukan bentuk sistem yang akan dibangun nantinya,” kata Peter menambahkan.

Lebih lanjut, Peter menjelaskan, kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya.  “Pemahaman ini akan membantu seorang sistem analis mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan yang ada,” ujar Peter.

Panitia Pelaksana Andriansah menjelaskan,  seminar tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai tren perkembangan dunia IT yang berkembang pesat dan cepat.

 

“Dengan harapan setelah mengikuti seminar ini, mahasiswa Prodi MI AMIK BSI Jakarta lebih paham, bahwa setelah lulus kuliah dapat berkarir menjadi seorang analis sistem, minimal sebagai junior analis sistem,” ujar Andriansah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement