Sabtu 21 Oct 2017 00:15 WIB

Komikus Hari Santri Siap Pecahkan Rekor di Indonesia

Kirab santri dalam menyambut Hari Santri Nasional (ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Kirab santri dalam menyambut Hari Santri Nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 31 komikus akan membuat komik terpanjang di atas kanvas sepanjang 300 meter dan mencatatkan peristiwa itu di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2017.

"Pencapaian ini akan dicatat MURI seiring peringatan Hari Santri pada 22 Oktober. Rekor sebelumnya adalah komik sepanjang 207 meter di Universitas Surabaya pada 2011," kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ahmad Zayadi di Jakarta, Jumat (20/10).

Dalam siaran pers, dia mengatakan kegiatan itu bagian dari acara puncak peringatan Hari Santri Nasional 2017. Menurut Zayadi, ke-31 komikus yang akan ikut ambil bagian berasal dari Jawa Tengah selaku tuan rumah. Selain itu juga dari Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan dari negara tetangga Malaysia.

"Mereka akan membuat komik yang berkisah tentang peran santri dalam sejarah Indonesia," kata dia.

Dia mengatakan dalam komik akan diceritakan mengenai peran santri sejak masuknya Islam ke Indonesia, era penjajahan, perang Jawa, perlawanan santri, berdirinya ormas Islam hingga resolusi jihad 22 Oktober 1945 dan perang 10 November 1945.

"Kerja mereka akan dikoordinatori oleh Direktur Rumah Kartun Indonesia Abdullah Ibnu Thalhah," kata dia. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga akan ikut ambil bagian dalam pembuatan komik ini. Menag akan menyumbang goresan dalam bentuk lafadz Allah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement