Jumat 20 Oct 2017 21:14 WIB

Perjuangan demi Selembar KTP-El

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
Warga mengantri untuk melakukan perekaman dan cetak e-KTP di lapangan parkir Teater Imax Keong Mas TMII, Jakarta, Jumat (20/10).
Foto: Republika/Silvy Dian Setiawan
Warga mengantri untuk melakukan perekaman dan cetak e-KTP di lapangan parkir Teater Imax Keong Mas TMII, Jakarta, Jumat (20/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sationo (40 tahun) sudah tiga tahun lalu melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-El). Namun, hingga kini ia belum mendapatkan selembar kartu yang dilengkapi chip tersebut.

Karena alasan itu, Sationo rela datang dari Bogor ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk mengurus KTP-El yang dibuka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Jumat (20/10).

Sayangnya dia kecewa lantaran pengurusan KTP-el di TMII juga tidak bisa sehari langsung jadi. "(KTP-el) Gak jadi dalam sehari," "Ngasih berkas, ada tanda terima, besok balik lagi," kata dia saat ditemui Republika.co.id di sela-sela antrean KTP-el di TMII, Jumat (20/10).

Kekecewaan yang sama juga datang dari Sinta (32). Mengantre dari pagi ternyata namanya juga tidak kunjung dipanggil hingga pukul 15.00 WIB. Karena itu, ia memutuskan untuk kembali Sabtu esok.

"Besok saya harus keluarin ongkos lagi buat ke sini. Buat pengambilan (KTP-el) saya harus ngantre lagi," keluh wanita yang datang dari Bekasi tersebut.

Warga lainnya yang kecewa adalah Dwiningsih. Ia datang ke TMII untuk mengurus KTP-el ibunya. Namun ia juga harus kecewa lantaran mengurus KTP-el di TMII tidak langsung satu hari jadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement