Jumat 20 Oct 2017 06:51 WIB

Gerindra Pertanyakan Peran Pemerintah Bina Ormas

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria mempertanyakan peran pembinaan pemerintah terhadap Ormas. Pasalnya, Riza mengatakan, selama ini pemerintah bukan malah membina dan membantu mensinergikan Ormas untuk pembangunan bangsa, justru mengeluarkan Perppu Ormas yang dinilai banyak memiliki kekurangan.

"Pemerntah itu kan harusnya membimbing, membina bahkan membantu Ormas-Ormas, karena Ormas-Ormas ini adalah anak-anak bangsa yang menjadi tugas pemerintah untuk membina," ujar dia saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (19/10).

Riza mengatakan, pemerintah semestinya tidak boleh menjadikan Ormas sebagai musuh negara. Pemerintah, kata dia, justru harus melakukan upaya pembinaan, kalaupun ada Ormas yang dianggap melaggar ketentuan aturan, atau keluar dari ideologi pancasila. "Di situ lah tugas dan peran pemerintah," jelas dia.

Politikus Partai Gerindra tersebut juga mengkritik Pemerintah mempunyai aparat, program, didukung dana dan sebagainya untuk melakukan pembinaan. Akan tetapi sangat disayangkan justru membuat Perppu yang menyulut konflik di masyarakat.

"Jadi disitulah semestinya tugas dan fungsi pemerintah. harus dengan cara-cara yang bijak. Karena kalau semua ormas-ormas, sebentar-sebentar dicurigai sebentar-sebentar dikatakan bertentangan dengan Pancasila, ini sangat berbahaya," ujar dia mengakhiri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement